Kapan manusia disebut sebagai mahluk individu dan kapan manusia disebut sebagai mahluk sosial


hanya Pendapat saya

Pertanyaan :

1. Kapan manusia disebut sebagai mahluk individu dan kapan manusia disebut sebagai mahluk sosial ??

Jawaban :

a. Manusia disebut / dikatakan sebagai mahluk individu jika unsur-unsur pembentuk suatu manusia individu itu bersatu. Unsur-unsur yang saya maksud adalah unsur jasmani dan rohani, unsur pisik dan psikis, unsur raga dan jiwa. Kenapa saya bilang begitu karena susunan kodrat manusia adalah jiwa dan raga. Jiwa membentuk akal, rasa dan kehendak. Akal yang artinya pemikiran yang berhubungan dengan otak, rasa yang artinya perasaan yang mempertimbangkan baik buruknya sesuatu , dan kehendak yang artinya tindakan atau keinginan melakukan sesuatu yang telah dipikirkan tentang baik buruknya sesuatu tersebut. Jadi unsur jiwa ini saling berhubungan untuk bisa melakukan sesuatu harus difikirkan terlebih dahuku, setelah difikirkan pilah dengan perasaan hati nurani kita apakah hal yang kita fikirkan itu baik atau buruk, setelah itu baru laksanakan dengan kehendak kita. Yang kedua adalah raga yang membentuk unsur binatang, unsur tumbuhan dan unsur benda mati. Yang pada dasarnya unsur binatang dan tumbuhan secara fisik organ atau tubuh kita hampir sama dengan binatang dan tumbuhan mulai dari makan, minum, berkembangbiak . Dan unsur benda mati bahwa untuk hidup badan kita memerlukan air untuk diminum, api sebagai penghangat dan unsur besi, logam , tanah sebagai tempat kita hidup, dan ketahuilah dalam ilmu biologi kita tersusun dari unsur-unsur alam udara, logam, air, protein, lemak, kalbohidrat dan lain-lain. Manusia sebagai mahluk individu juga dipengaruhi oleh faktor fenotip dan genotip . Faktor genotip adalah faktor dari dalam yaitu keturunan, maksudnya terdapat susunan DNA dari kedua orang tuanya. Faktor penotif yaitu faktor yang dipengaruhi oleh faktor lingkungan, yang dengan berjalannya waktu dapat menumbuhkan pembentukan karakteristik seseorang melalui
proses adaptasi dengan lingkungan sekitar dan interaksi dengan semua yang ada di lingkungan tersebut, misalnya interaksi antar sesama manusia. ( menurut saya ) :) .

b. Manusia dikatakan / disebut sebagai mahluk sosial Pada dasarnya manusia adalah mahluk sosial karena manusia tidak bisa hidup sendiri tanpa bantuan dari orang lain. Buktinya dari bayi yang baru lahir sangat tergantung dengan orang tua dan orang disekitarnya, lain halnya dengan binatang waktu lahir ada yang sudah bisa berjalan dan mencari makan sendiri. Seperti yang saya katakan tadi tanpa bantuan orang lain manusia tidak akan bisa berjalan tegak, tidak bisa menggunakan tangan, tidak akan bisa berbicara dengan benar dan tidak bisa mengembangkan potensinya. Jadi saya berkesimpulan manusia dikatakan sebagai mahluk sosial atau manusia yang bermasyarakat :

1. Manusia pasti pada tunduk terhadap aturan, dan norma sosial yang ada, misalnya rambu lalu lintas atau awig-awig

2. Terkadang manusia mengharapkan suatu penilaian dari orang lain, contohnya orang berlomba-lomba jadi sesuatu atau memperbaiki penampilan.

3. Adanya kebutuhan untuk berinteraksi dengan orang lain, saling berbagi satu sama lain.

4. Potensi bisa
berkembang bila hidup ditengah sekumpulan manusia, bisa potensi besa kelebihan dari orang tersebut.

Hanya itu yang dapat saya tuliskan, tulisan ini masih banyak kekurangannya karena keterbatasan
pengetahuan saya. Tolong kiranya dibaca dan berikan saya masukan ,terimakasih

About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: