Sifat kimia dan fisika sel


Sel secara keseluruhan tersusun dari zat-zat kimia yaitu atom dan molekul. Sel dapat berbeda bentuk, susunan, sifat dan fungsinya. Walaupun demikian fungsi dari sel-sel tersebut tidak jauh dari sifat-sifat atom atau molekul penyusunnya.

Keadaan zat-zat kimia dalam sel tidak statis, mereka selalu
berubah-ubah akibat adanya proses-proses kimia dan fisika yang terjadi pada sel tersebut. Senyawa penyusun sel ( protoplasma ) : air, protein, lemak, karbohidarat dan anorganik padat. Sifat fisika sel ( protoplasma ) ditunjukkan dengan adanya, gerak brown, efek tyndall, cyklosis, gerak amuboid, terjadinya tegangan permukaan dan adsorpsi.

Sel merupakan unit terkecil dari suatu kehidupan. Sel terdiri dari dinding sel dan protoplasma . Protoplasma terdiri dari sitoplasma, nukleus, dan vakuola. Di dalam protoplasma terdapat bermacam-macam organel yang mempunyai fungsi sendiri-sendiri.

Catatan : kalau berisi dinding sel , berarti itu sel tumbuhan, kalau sel hewan tidak mempunyai dinding sel.

Gimana teman-teman ? Mengerti tidak ? Ini adalah sedikit catatan ( intinya ) tentang sifat-sifat kimia dan fisika sel. Jika ada kesalahan maupun kekurangan mohon dimaklumi karena keterbatasan kemampuan saya. Akhir kata saya ucapkan. Terimakasih, kunjungi terus blog ini ya. Salam Biologi. Dan salam perdamaian : om santih santih santih om

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: