EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD DI SD NO 5 ABIANTUUNG (analisis nilai PAP, PAN, CAMPURAN. )


EVALUASI HASIL BELAJAR SISWA KELAS 4 SD DI SD NO 5 ABIANTUUNG


OLEH

KETUT SUPEKSA

 

 

JURUSAN PENDIDIKAN BIOLOGI

FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

IKIP SARASWATI TABANAN

 

Daftar isi

1. Analisis nilai menggunakan penafsiran PAP

2. Analisis nilai menggunakn penafsiran PAN

3. Analisis nilai menggunakan penafsiran Campuran

4. Mengukur tingkat kesulitan soal

5. Mengukur daya beda

6. Analisis pola jawaban

7. Lampiran

 

I. ANALISIS NILAI MENGGUNAKAN PENAFSIRAN PAP

 

No

NIS

Nama

L / P

Respon

B

S

Bobot

Skor

SK 4

SK10

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

760

Putu Anastasya Dian Pratiwi

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

B

6

2

761

Deti Fatika Sari

P

1

0

1

1

0

1

1

0

1

1

7

3

1

7

B

7

3

762

Ni Kadek Elvira Diana Sari

P

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

9

1

1

9

A

10

4

763

I Made Jati Kesumanegra

L

1

1

1

1

0

1

1

1

0

0

7

3

1

7

B

7

5

764

Ni Made Novi Puspita Sari

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

B

6

6

765

Putu Paulus Harry Suara

L

1

0

0

1

0

0

1

1

1

1

6

4

1

6

B

6

7

766

I Made Parwa

L

0

0

0

1

0

1

1

0

1

1

5

5

1

5

C

5

8

767

I Gede Pong Darmawan

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

1

6

4

1

6

B

6

9

768

Dewa Made Prana Winata

L

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

D

4

10

769

Ida Ayu Ratih Sri Darma Ratni

P

0

1

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

B

6

11

770

NI Kadek Ririn Sukmayanti

P

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

C

5

12

771

Ida Bagus Putu Subawa

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

C

5

13

772

Ni Made Sparniti

P

1

0

0

1

1

1

1

1

1

0

7

3

1

7

B

7

14

774

Ni Putu Ayu Winda Yani

P

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

D

4

15

775

I komang Yogi Widina Putra

L

1

1

0

1

0

1

1

1

0

0

6

4

1

6

B

6

 

 

 

Untuk membuat nilai harus punya pedoman konversi , adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan skor maksimal ideal
  2. Tentukan rata-rata ideal
  3. Tentukan standar deviasi idel
  4. Membuat transportasi nilai skala 4 dan skala 10

 

  1. Menentukan skor maximum ideal

     

    S max id = Jumlah soal x bobot

    = 10 x 1

    = 10

  2. Menentukan rata-rata ideal

     

    X id = ½ x S max id

    = ½ x 10

    = 5

  3. Menentukan standar deviasi ideal

     

    SD = 1/3 x X id

    = 1/3 x 5

    = 1,67

 

II. ANALISIS NILAI MENGGUNAKAN PENAFSIRAN PAN

 

No

NIS

Nama

L / P

Respon

B

S

Bobot

Skor

(Xi-X)

(Xi-X)2

SK4

SL 10

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

760

Putu Anastasya Dian Pratiwi

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

0,07

0.0045

C

5

2

761

Deti Fatika Sari

P

1

0

1

1

0

1

1

0

1

1

7

3

1

7

1,07

1.1385

B

7

3

762

Ni Kadek Elvira Diana Sari

P

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

9

1

1

9

3,07

9.4065

A

10

4

763

I Made Jati Kesumanegra

L

1

1

1

1

0

1

1

1

0

0

7

3

1

7

1,07

1.1385

B

7

5

764

Ni Made Novi Puspita Sari

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

0,07

0.0045

C

5

6

765

Putu Paulus Harry Suara

L

1

0

0

1

0

0

1

1

1

1

6

4

1

6

0,07

0.0045

C

5

7

766

I Made Parwa

L

0

0

0

1

0

1

1

0

1

1

5

5

1

5

-0,93

0.8705

D

3

8

767

I Gede Pong Darmawan

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

1

6

4

1

6

0,07

0.0045

C

5

9

768

Dewa Made Prana Winata

L

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

-1,93

3.7365

E

2

10

769

Ida Ayu Ratih Sri Darma Ratni

P

0

1

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

0,07

0.0045

C

5

11

770

NI Kadek Ririn Sukmayanti

P

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

-0,93

0.8705

D

3

12

771

Ida Bagus Putu Subawa

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

-0,93

0.8705

D

3

13

772

Ni Made Sparniti

P

1

0

0

1

1

1

1

1

1

0

7

3

1

7

1,07

1.1385

B

7

14

774

Ni Putu Ayu Winda Yani

P

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

-1,93

3.7365

E

2

15

775

I komang Yogi Widina Putra

L

1

1

0

1

0

1

1

1

0

0

6

4

1

6

0,07

0.0045

C

5

 

 

 

1. Menentukan rata-rata ideal

 

 

X ac = ∑ Xi : N

= 89 : 16

= 5,93

2. Menentukan standar deviasi ideal

SD =
∑ ( Xi – X )


N – 1

= 22,9333

15 – 1

 

= 1,28

 

III. ANALISIS NILAI MENGGUNAKAN PENAFSIRAN CAMPURAN

 

Diketahui :

 

  1. rata-rata ideal

     

    X id = ½ x S max id

    = ½ x 10

    = 5

  2. standar deviasi ideal

     

    SD = 1/3 x X id

    = 1/3 x 5

    = 1,67

 

 

  1. Menentukan rata-rata ideal

     

     

    X ac = ∑ Xi : N

    = 89 : 16

    = 5,93

     

  2. Menentukan standar deviasi ideal

    SD = ∑ ( Xi – X )


    N – 1

= 22,9333

15 – 1

 

= 1,28

 

Mencari :

 

X Konversi ……………?

SD Komversi …………?

 

X kom = ½ ( Xac + X id )

= ½ ( 5,93 + 5 )

= 5,47

SD kom = ½ ( SDac + SDid )

= ½ ( 1,28 + 1,67 )

= 1,47

 

 

 

No

NIS

Nama

L / P

Respon

B

S

Bobot

Skor

SK 4

  

SK10

  

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

760

Putu Anastasya Dian Pratiwi

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

C

6

2

761

Deti Fatika Sari

P

1

0

1

1

0

1

1

0

1

1

7

3

1

7

B

7

3

762

Ni Kadek Elvira Diana Sari

P

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

9

1

1

9

A

10

4

763

I Made Jati Kesumanegra

L

1

1

1

1

0

1

1

1

0

0

7

3

1

7

B

7

5

764

Ni Made Novi Puspita Sari

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

C

6

6

765

Putu Paulus Harry Suara

L

1

0

0

1

0

0

1

1

1

1

6

4

1

6

C

6

7

766

I Made Parwa

L

0

0

0

1

0

1

1

0

1

1

5

5

1

5

C

5

8

767

I Gede Pong Darmawan

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

1

6

4

1

6

C

6

9

768

Dewa Made Prana Winata

L

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

D

4

10

769

Ida Ayu Ratih Sri Darma Ratni

P

0

1

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

C

6

11

770

NI Kadek Ririn Sukmayanti

P

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

C

5

12

771

Ida Bagus Putu Subawa

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

C

5

13

772

Ni Made Sparniti

P

1

0

0

1

1

1

1

1

1

0

7

3

1

7

B

7

14

774

Ni Putu Ayu Winda Yani

P

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

D

4

15

775

I komang Yogi Widina Putra

L

1

1

0

1

0

1

1

1

0

0

6

4

1

6

C

6

 

 

 

 

IV. MENGUKUR TINGKAT KESULITAN SOAL

 

Cara mengukir tingkat kesulitan soal

 

P = B : JS

 

Atau = Indek kesukaran = Jumlah siswa yang menjawab benar : jumlah seluauh suswa

 

Misal soal no 1

 

Diketahui : Jumlah siswa yang menjawab benar 11 Orang dan Jumlah siswa seliruhnya adalah 15 orang jadi :

 

P1 = 11 : 15

 

= 0,73

 

Untuk soal yang lain langkah pencariannya sama dengan soal no 1

 

No

NIS

Nama

L / P

Respon

B

S

Bobot

Skor

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

1

760

Putu Anastasya Dian Pratiwi

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

2

761

Deti Fatika Sari

P

1

0

1

1

0

1

1

0

1

1

7

3

1

7

3

762

Ni Kadek Elvira Diana Sari

P

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

9

1

1

9

4

763

I Made Jati Kesumanegra

L

1

1

1

1

0

1

1

1

0

0

7

3

1

7

5

764

Ni Made Novi Puspita Sari

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

6

765

Putu Paulus Harry Suara

L

1

0

0

1

0

0

1

1

1

1

6

4

1

6

7

766

I Made Parwa

L

0

0

0

1

0

1

1

0

1

1

5

5

1

5

8

767

I Gede Pong Darmawan

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

1

6

4

1

6

9

768

Dewa Made Prana Winata

L

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

10

769

Ida Ayu Ratih Sri Darma Ratni

P

0

1

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

11

770

NI Kadek Ririn Sukmayanti

P

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

12

771

Ida Bagus Putu Subawa

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

13

772

Ni Made Sparniti

P

1

0

0

1

1

1

1

1

1

0

7

3

1

7

14

774

Ni Putu Ayu Winda Yani

P

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

15

775

I komang Yogi Widina Putra

L

1

1

0

1

0

1

1

1

0

0

6

4

1

6

 

Jumlah siswa yang menjawab benar :

  

11

7

2

15

2

14

15

7

8

8

     

89

                               

nilai P :

 

0,73

0,47

0,13

1,00

0,13

0,93

1,00

0,47

0,53

0,53

       

Indek

 

md

sd

sl

md

sl

md

md

sd

sd

sd

       

 

Keterangan

Tingkat kesulitan soal

 Indek

Presentase

0,03 – 0,30

Sulit ( sl )

20 %

0,30 – 0,70

Sedang ( sd )

40 %

0,70 – 1,00

Mudah ( md )

40 %

 

 

V. MENGUKUR DAYA BEDA

 

Cara mengukur daya beda soal

D = BA/JA – BB/JB

 

Keterangan     D = daya beda

BA = Jumlah jawaban benar di kelompok Atas

JA = Jumkah siswa dikelompok Atas

BB = Jumlah jawaban benar di kelompok Bawah

JB = Jumkah siswa dikelompok Bawah

 

Misal Soal no 1 : Jumlah siswa di kelompok atas 7 orang dan yang menjawab benar 7 oranng, sedangkan yang menjawab di kelompok bawah adalah 3 orang

 

D1 = 7/7 – 3/7 = 0,57

 

Untuk soal yang lain langkah pencariannya sama dengan soal no 1

 

No

NIS

Nama

L / P

Respon

B

S

Bobot

Skor

Rangking

 

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

3

762

Ni Kadek Elvira Diana Sari

P

1

1

0

1

1

1

1

1

1

1

9

1

1

9

1

JA

2

761

Deti Fatika Sari

P

1

0

1

1

0

1

1

0

1

1

7

3

1

7

2

4

763

I Made Jati Kesumanegra

L

1

1

1

1

0

1

1

1

0

0

7

3

1

7

2

13

772

Ni Made Sparniti

P

1

0

0

1

1

1

1

1

1

0

7

3

1

7

2

1

760

Putu Anastasya Dian Pratiwi

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

3

5

764

Ni Made Novi Puspita Sari

P

1

0

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

3

6

765

Putu Paulus Harry Suara

L

1

0

0

1

0

0

1

1

1

1

6

4

1

6

3

8

767

I Gede Pong Darmawan

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

1

6

4

1

6

3

  

10

769

Ida Ayu Ratih Sri Darma Ratni

P

0

1

0

1

0

1

1

0

1

1

6

4

1

6

3

JB

15

775

I komang Yogi Widina Putra

L

1

1

0

1

0

1

1

1

0

0

6

4

1

6

3

7

766

I Made Parwa

L

0

0

0

1

0

1

1

0

1

1

5

5

1

5

4

11

770

NI Kadek Ririn Sukmayanti

P

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

4

12

771

Ida Bagus Putu Subawa

L

1

1

0

1

0

1

1

0

0

0

5

5

1

5

4

9

768

Dewa Made Prana Winata

L

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

5

14

774

Ni Putu Ayu Winda Yani

P

0

0

0

1

0

1

1

1

0

0

4

6

1

4

5

                                       

Daya beda soal :

0,57

-0,29

0,29

0

0,29

-0,1

0

0,14

0,57

0,43

   

Kualifikasi

Ba

Je

Cu

Je

Cu

Je

Je

Je

Ba

Ba

 

 

No 8 diabaikan/ dicoret untuk mempermudah perhitungan karena jumlahnya ganjil.

 

P

Kualifikasi

Presentase

0,0 – 0,2

Jelek (Je)

40 %

0,2 – 0,4

Cukup (Cu)

20 %

0,4 – 0,7

Baik (Ba)

30 %

0,7 – 1,0

Baik sekali (Bs)

0 %

 

VI. ANALISIS POLA JAWABAN

 

Soal no 1

Pilihan

A*

B

C

D

O

Jumlah

Klp A

7

0

0

0

0

7

Klp B

3

3

0

1

0

7

Jumlah

10

3

0

1

0

14

 

D = 7/7 – 3/7 = 0,57 P = 10/14 = 0,71

 

Soal no 2

Pilihan

A

B

C*

D

O

Jumlah

Klp A

3

1

2

1

0

7

Klp B

0

0

4

3

0

7

Jumlah

3

1

6

4

0

14

 

D = 2/7 – 4/7 = -0,29 P = 6/14 = 0,43

 

Soal no 3

Pilihan

A*

B

C

D

O

Jumlah

Klp A

2

3

2

0

0

7

Klp B

0

4

2

1

0

7

Jumlah

2

7

4

1

0

14

 

D = 2/7 – 0/7 = 0,29 P = 2/14 = 0,14

Soal no 4

Pilihan

A

B

C

D*

O

Jumlah

Klp A

0

0

0

7

0

7

Klp B

0

0

0

7

0

7

Jumlah

0

0

0

14

0

14

 

D = 7/7 -7/7 = 0 P = 14/14 = 1,0

 

Soal no 5

Pilihan

A

B

C

D*

O

Jumlah

Klp A

1

1

3

2

0

7

Klp B

0

5

0

0

0

7

Jumlah

1

6

3

2

0

14

 

D = 2/7 – 0/7 = 0,29 P = 2/14 =0,14

Soal no 6

Pilihan

A*

B

C

D

O

Jumlah

Klp A

6

0

0

1

0

7

Klp B

7

0

0

0

0

7

Jumlah

13

0

0

1

0

14

 

D = 6/7 – 7/7 = -0,1 P = 13/14 = 0,93

Soal no 7

PiLihan

A

B

C

D*

O

Jumlah

Klp A

0

0

0

7

0

7

Klp B

0

0

0

7

0

7

Jumlah

0

0

0

14

0

14

 

D = 7/7 – /7/7 = 0 P = 14/14 = 1,0

Soal no 8

Pilihan

A

B*

C

D

O

Jumlah

Klp A

2

4

1

0

0

7

Klp B

1

3

2

0

1

7

Jumlah

3

7

3

0

1

14

 

D = 4/7 – 3/7 = 0.14 P = 7/14 = 0,50

 

Soal no 9

Pilihan

A

B

C

D*

O

Jumlah

Klp A

1

0

0

6

0

7

Klp B

4

0

1

2

0

7

Jumlah

5

0

1

8

0

14

 

D = 6/7 – 2/7 = 0,57 D = 8/14 = 0,57

 

Soal no 10

Pilihan

A

B

C*

D

O

Jumlah

Klp A

0

2

5

0

0

7

Klp B

1

2

2

2

0

7

Jumlah

1

4

7

2

0

14

 

D = 5/7 – 2/7 = 0,43 P = 7/14 = 0,50

 

Omit adalah 5 % ( 5/100 x 15 ) = 0,75 orang , angap itu adalah 1orang. dari jumlah yang menjawab ada pada soal nomor 8 pada bagian kelas bawah

 

LAMPIRAN

1. ( foto )

Foto Anak kelas 4, SD No 5 Abiantuung, Ds Abiantuung, Kec Kediri, Tabanan , Bali

 

2. (SOAL UJI KOMPETENSI)

 

FAKULTAS PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM ( FP MIPA ) INSTITUT

KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

SARASWATI TABANAN

JURUSAN BIOLOGI

JL. Pahlawan no. 2 Telp. ( 0361 ) 811267, Tabanan – Bali


Oleh : Ketut Supeksa

SOAL LATIHAN

Mata Pelajaran/Materi    : SAIN IPA / Mahluk hidup dan lingkungannya

Hari / Tanggal        : Sabtu , 30 2011

Kelas / Semester /        : IV / I / SD

Sekolah         

 

I. Jawablah pertanyaan dengan tepat dan berilah tanda silang ( X ) pada huruf a , b , c atau d pada lembar kerja siswa.

 

1. Hubungan erat yang khas antara dua jenis mahluk hidup yang hidup bersama disebut …

    a. Simbiosis                        c. Kekerabatan

    b. Ketergantungan                    d. Persahabatan

 

2. Hubungan antara dua mahluk hidup yang saling menguntungkan disebut …

    a. Parasitisme                     c. Mutualisme

    b. Komensalisme                    d. Simbiosis

 

3. Hubungan dua mahluk hidup yang menguntungkan satu pihak,sedangkan pihak lain di rugikan ….

a. Parasitisme                     c. Mutualisme

    b. Komensalisme                    d. Simbiosis

    

4. Dibawah ini contoh simbiosis kecuali…

    a. Pohon mangga & inangnya                c. Kupu-kupu & bunga

    b. Ikan hhiu & ikan remora                d. Tikus & ular

 

5. Plankton hewan di laut disebut juga …

 

    a. Zoofitoplankton                    c. Plankton

    b. Fitoplankton                    d. Zooplankton

 

6. Setiap mahluk hidup memiliki tempat hidup sendiri yang disebut …

    a. Habitat                        c.Komunitas

    b. Populasi                         d. Biosfer

 

7. Proses makan memakan mahluk hidup sehingga membentk seperti suatu rantai disebut …

    a. Siklus energi                     c. Piramida ekologi

    b. Transformasi                    d. Rantai makanan

 

 

8. Mahluk hidup yang dapat membuat makanan sendiri dan menyediakan makanan untuk Mahluk hidup lain disebut …

 

    a. Pengurai                        c. Konsumen

    b. Produsen                        d. Dekomposer

9.
Hutan disebut juga … dunia.

    a. Jantung                        c. Kulit

    b. Ginjal                        d. Paru-paru

 

10. Pencemaran udara dapat menyebabkan penyakit pada…

    a. Penyakit kepala                    c. Penyakit paru-paru

    b. Penyakit liver                    d. Penyakit ginjal

 

 

Niat untuk sukses itu penting, tetapi yang lebih penting lagi
adalah niat untuk menyiapkan
oleh : ” Bobby Knight”

 

( Selamat Bekerja )

 

About these ads

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: