Contoh tugas tekhnik lab/menyusun ruangan


1. Buatlah desain sebuah lab biologi smp/sma yg representatif utk 30

orang siswa praktik dan tentukan :

a. Ruangan2 yg harus ada dan apa fungsi ruangan tsb

b. Berapa luas seluruh bangunan lab-nya dan berapa luas masing2

ruangan yg diperlukan

c. Perabotan apa yg harus tersedia pd masing2 ruangan dan cara penempatannya

d. Alat,bahan dan perkakas apa yg hrus disediakan ? Sebutkan yg sering

digunakan utk praktikum biologi (minimal 2)

e. Gambarkan desain’nya

dalam bentuk powerpoint

Jawaban!

a.. ruang yang harus ada dan fungsinya

Ruang-ruang yang harus ada (lab biologi smp/sma)

a. Ruang persiapan

ruang yang diperkirakan akan memerlukan lahan seluas 20% dari luas bangunan laboratorium. Ruang persiapan digunakan untuk guru dan laboran atau pengelola lab. Ruangan ini harus leluasa untuk menyimpan meja dorong dan untuk mengambil alat dan bahan ke ruang praktikum dan ke ruang bahan dan alat. Jadi ruang persiapan harus memiliki dua pintu yang dilengkapi kunci. Ruangan ini harus memiliki bak cuci, bak pencuci mata (eye washer) dan tong sampah alat pecah-belah dan bahan kimia non biodegradable. fungsinya: fungsinya sebagai tempat mempersiapkan alat-alat dan bahan-bahan perencanaan kegiatan, serta untuk menguji coba eksperimen yang akan dilaksanakan.

b. Ruang penyimpanan ( gudang )

lokasi ruang penyimpanan ini harus berseberangan dengan ruang persiapan dan ruang kegiatan eksperimen (kegiatan belajar). Dalam ruangan ini harus dilengkapi lemari, dan rak yang kokoh dan tahap korosif. Khusus ruang gudang bahan kimia harus dilengkapi dengan ventilisasi untuk mengeluarkan uap bahan yang dihubungkan ke lemari asap atau langsung ke atap gedung atau ke udara terbuka. fungsinya: sebagai gedung yang menampung peralatan dan bahan kimia sebagai cadangan ataupun yang tidak dipakai.

c. Ruang kegiatan eksperimen (proses belajar mengajar)

di lab biologi sarana dalam kegiatan proses belajar mengajar ialah

bak cuci ,papan tulis, meja demontrasi yang mempunyai rak, meja siswa

tanpa rak, rak khusus tempat penyimpanan alat-alat. Perlengkapan

praktikum yaitu perlengkapan percobaan para siswa, rak khusus

penyimpanan bahan-bahan kimia, kursi-kursi bulat (dingklik) dan kursi

biasa.

fungsinya: melakukan kegiatan proses belajar mengajar dan praktikum.

b. luas bangunan laboratorium tergantung dari kegunaan dan banyaknya ruangan yang akan dibangun.

1. Luas ruang persiapan

ruang persiapan lazimnya hingga 20 % dari luas bangunan laboratorium seluruhnya

jika luas laboratorium adalah 155 m2 ,anggap saja digunakan 20 m.2.dengan ukuran 4 x 5 m .

2. Ruang penyimpanan/gudang

luas ruang penyimpanan /gudang hampir sama dengan luas ruang persiapan

. Dengan ukuran luas hingga 20 m.m .

3. Ruang proses belajar mengajar

ukuran luas untuk kapasitas menampung 30 orang siswa idealnya hingga

32 orang . Dengan 32 buah kursi siswa ,8 buah meja siswa . Karena

dalam kegiatan sirwa memerlukan ruang gerak yang bebas ,maka lazimnya

ditetapkan 2,5 m.m . Jadi untuk nenampung 32 siswa , 32 x 2,5 m.m = 80

m.m ,dengan ukuran 11,5 x 7 . Mengapa ukurannya tidak cocok ? Itu

karena ada sedikit kesalahan ,misal tembok yang lebar …..itu bisa

saja mengurangi ukuran ruangan .

c. . Perabotan apa saja yang ada pada masing -masing ruangan

ada beberapa macam perabotan yang harus ada pada masing -masing ruangan

a. Di dalam ruang persiapan

a.1. Meja ; bisa ditempatkan di tengah-tengah ruang persiapan

a.2. Kursi ; ditempatkan berdampingan dengan meja

a.3. Lemari ; bisa ditempatkan di samping di dinding ruangan

a.4. Bak cuci ; diletakkan mendekati dinding dan dekat jendela

b. Di dalam ruang penyimpanan

b.1 . Lemari ; lemari di ruangan ini bermacam -macam ,dari lemari penyimpanan alat hingga lemari asam untuk lemari alat ,bahan bisa diletakkan disampin dinding ruangan

khusus untuk lemari asap diletakkan agar bisa dihubungkan ke udara bebas…

c. Di ruang proses belajar mengajar

c.1. Meja siswa ; berbaris rapi dan menyisakan ruang gerak

c.2. Kursi siswa ; berdekatan dengan meja siswa

c.3. Meja demontrasi ; diletakkan agak lebih tinggi

c.4. Bak cuci ; disamping dinding ruangan yang ada di dekat jendela

d . Alat ,bahan dan perkakas yang sering digunakan di lab biologi

a. Alat ;

– alat peraga : ada alat peraga berbentuk model dan gambar

a.1 bentuk model misalnya : torso, model rangka manusia , model kulit ,model mata, dll

a.2 bentuk gambar misalnya gambar rna ,sinnetesa protein ,gambar tumbuhan

dari berbagai divisi , gambar hewan dari berbagai filum .dll

alat percobaan misalnya : mikroskop, gelas ukur, cawan puteri ,alat pembersih .

juga termasuk alat pemadam kebakaran

Ruang-ruang yang harus ada (lab biologi smp/sma)

a. Ruang persiapan

ruang yang diperkirakan akan memerlukan lahan seluas 20% dari luas bangunan laboratorium. Ruang persiapan digunakan untuk guru dan

laboran atau pengelola lab. Ruangan ini harus leluasa untuk menyimpan

meja dorong dan untuk mengambil alat dan bahan ke ruang praktikum dan

ke ruang bahan dan alat. Jadi ruang persiapan harus memiliki dua pintu

yang dilengkapi kunci. Ruangan ini harus memiliki bak cuci, bak

pencuci mata (eye washer) dan tong sampah alat pecah-belah dan bahan

kimia non biodegradable.

fungsinya: fungsinya sebagai tempat mempersiapkan alat-alat dan

bahan-bahan perencanaan kegiatan, serta untuk menguji coba eksperimen

yang akan dilaksanakan.

b. Ruang penyimpanan ( gudang )

lokasi ruang penyimpanan ini harus berseberangan dengan ruang persiapan dan ruang kegiatan eksperimen (kegiatan belajar). Dalam ruangan ini harus dilengkapi lemari, dan rak yang kokoh dan tahap korosif. Khusus ruang gudang bahan kimia harus dilengkapi dengan ventilisasi untuk mengeluarkan uap bahan yang dihubungkan ke lemari asap atau langsung ke atap gedung atau ke udara terbuka.

fungsinya: sebagai gedung yang menampung peralatan dan bahan kimia sebagai cadangan ataupun yang tidak dipakai.

c. Ruang kegiatan eksperimen (proses belajar mengajar)

di lab biologi sarana dalam kegiatan proses belajar mengajar ialah

bak cuci ,papan tulis, meja demontrasi yang mempunyai rak, meja siswa

tanpa rak, rak khusus tempat penyimpanan alat-alat. Perlengkapan

praktikum yaitu perlengkapan percobaan para siswa, rak khusus

penyimpanan bahan-bahan kimia, kursi-kursi bulat (dingklik) dan kursi

biasa.

fungsinya: melakukan kegiatan proses belajar mengajar dan praktikum.

b. Bahan-bahan

bahan habis pakai misalnya ; glukosa, spritus, akuades, natrium

karbonat, bromtimol biru

c. Perkakas;

gunting, pisau , pinset/ penjepit, jarum bertangkai , spatula

,

2 . Di sebuah sekolah tidak tersedia lahan untuk membangun ruangan

lab baru, akan tetapi tersedia sebuah ruangan kelas seluas 79 m.m

yang bisa di renovasi untuk menjadi sebuah ruangan lab. Anda berikan

tugas oleh kepsek untuk melakukan renovasi terhadap ruangan tersebut.

Gambarkan awal ruangan kelas adalah:

-hanya mempunyai satu pintu dengan beberapa jendela pada satu sisi tembok

-tidak tersedia penerangan listrik

-tidak tersedia bak cuci

-tidak ada perabotan kecuali bangku dan meja belajar untuk siswa

dari gambaran kelas tersebut jawablah:

a. Renovasi apa yang paling penting untuk dilakukan?

b. Berapa orang siswa dapat menggunakan ruangan lab tersebut?

c. Buat gambar ruangan kelas sebelum di renovasi dan bentuk rancangan renovasi!

a. Renovasi yang paling penting tuk dilakukan :

• Menambah pintu keluar satu lagi dengan ukuran yang memadai. Ruangan dibagi 2 yaitu digunakan untuk ruangan persiapan dan ruang simpan, letak ruangan harus bersebrangan dan memiliki dinding sekat juga pintu masing-masing ruangan ini, sisa luas bangunan digunakan sebagai ruang pratikum atau ruang PBM.

• Memasang listrik merupakan hal yang sangat penting, baik digunakan untuk penerangan, untuk pemanasan dan keperluan lainnya.

• Dibangun bak-bak cuci yang harus memenuhi persyaratan dengan disertai pipa-pipa saluran air dan tempat pembuangannya.

• Ventilasi harus dipasang, terutama dalam ruangan simpan, ventilasi ini untuk pengeluaran uapa bahan-bahan kiomia yang tersimpan.

• Perabotan harus lengkap yaitu papan tulis, meja, lemarijugta kursi

 b. Ruangan lab ini dapat digunakan ± 18 siswa. Karena luas seluruh bangunan yaitu 79 m2, karena lazimnya ditetapkan minimal 2,5 m2 untuk setiap siswa untuk luas ruangan untuk kegiatan proses belajar mengajar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: