Perkembangan peserta didik


A. Perkembangan Apakah perbedaanantara perkembangan dan pertumbuhan ?

Kalau dibaca sekilas memang mirip ,tetapi artinya berbeda. Kalau

perkembangan artinya perubahan yang menyangkut aspek psikologis

,sedangkan kalau pertumbuhan artinya perubahan yang menyangkut aspek

pisik atau psiologis. Aspek psikologis itu menyangkut tentang masalah

kemamquan ,IQ. Jadi maksud dari perkembangan yaitu perubahan kearah

positif , lebih dewasa, lebih maju.

Faktor-faktor yang mempengaruhi perkembangan ada 3 ( tiga ) ,yaitu :
1. Nativisme :
artinya perkembangan anak itu semata-mata dari sejak lahir atau
berkembang secara alamiah.
2. Empiris :
artinya bahwa perkembangan itu dipengaruhi oleh pengalaman atau
lingkungan . Maka muncullah sekolah.
c. Convegency :
adalah perpaduang antara faktor nativisme dan empirisme .

Seorang anak diibaratkan sebagai kertas putih ,seiring dengan
perkembangannya kertas itu akan mulai tertulis seiring perkembangannya
. Entah itu baik ataupun buruk . Seorang anak perlu dibimbing ke aranh
yang positif. Peran orang tua dan pergaulan yang positif sangat
diperlukan untuk perkembangan anak menjadi ke arah yang positif.

B. Pertumbuhan fisik

– Pengertian
artinya yaitu perkembangan yang mengarah pada pertumbuhan psiologis

– Pengaruh pertumbuhan pisik terhadap tingkah laku biasanya tidak bisa
dilihat ,tetapi yang dapat dilihat hanya tingkah laku atau
perbuatannya . Misalnya fisiknya sehat tikah lakunya pasti sehat.

– Karakteristik pertumbuhan fisik remaja
Secara umum perempuan lebih cepat pertumbuhan fisiknya . Misal
perempuan yang kelihatan payudara membesar, pinggul melebar. Klo
laki-laki biasanya agak lebih lambat biasanya seperti suara yang
berubah dan mimpi basah yang disebut dengan polosio

– Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan fisik
1. Ekstern : faktor yang berasal dari luar diri sendiri. Misal
kulit…nemutih,badan lebih tinggi
2. Instern : faktor yang berasal dari dalam diri sendiri. Misal :
jantung, hati, paru-paru,

– Perbedaan individu dalam pertumbuhan fisiknya
hal itu disebabkan oleh lingkungan, makanan, psikologisnya.

– Implikasi pertumbuhan fisik terhadap pendidikan
1. Mejagakesehatan badan
2. Meberi makanan yang baik
3. Waktu istirahat yang cukup
4. Jam-jam olahraga

C. Hukum-hukum perkembangan menurut perkembangan pendidikan

1. Tempo atau masa : anak dalam perkembangan ditentukan oleh waktu atau masa
2. Irama : variasi perkembangan dalamperkembangan anak, ada lambat ada
juga yang cepat
3. Rekapitulasi : mengulangi kembali tingkah laku oleh nenek moyang
suatu bangsa. Contohnya : dalam permainan anak-anak ada yang
berdagang, berburu dan lain-lain.
4. Masa peka : masa sensitip laki-laki atau perempuan dengan mulai
testarik pada 5awan jenis.
5. Trotzalter : masa menentang .
6. Masa eksploratif : masa penjajagan, kelingkungan luar atau bisa
juga disebut masa melanglang buana.
7. Pertahanan diri : biasanya untuk bertahan hidup ,misal dalam
perkembangan karir.
8. Perkembangan diri : mulai mengembangkan potensi yang dimiliki.

D. Karakteristik umum perkembangan semaja :

1. Timbul Kegelisahan dalam diri
2. Mulai ada Pertentangan
3. Menghayal akan sesuatu yang menarik
4. Aktivitas kelompok
5. Keinginan mencoba sesuatu ( penasaran )

Lanjutannya nantikan saja .
salam from supeksa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: