Bahasa Indonesia yang baik dan benar


1. Bahasa Indonesia yang baik

Bahasa Indonesia yang baik adalah bahasa yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarakatan yang berlaku. Misalnya, dalam situasi santai dan akrab, seperti di warung kopi, di pasar, di tempat arisan dan di lapangan sepak bola hendaklah digunakan bahasa indonesia yang santai dan akrab dan tidak terlalu terikat oleh patokan. Dalam situash resmi, seperti dalam kuliah, dalam seminar, dalam sidang DPR, dan dalam pidato kenegaraan hendaklah digunakan bahasa Indonesia yang rermi, yang selalu memperhatikan norma bahasa.

2. Bahasa Indonesia yang benar

Bahasa Indonesia yang benar adalah bahasa indonesia yang digunakan sesuai dengan kaidah atau aturan bahasa indonesia yang berlaku. Kaidah bahasa indonesia itu meliputi kaidah ejakan, kaidah pembentukan kata, kaidah penyusunan kalimat, kaidah penyusunan paragraf, dan kaidah penataan penalaran. Jika ejakan digunakan dengan cermat, kaidah pembentukan kata diperhatikan dengan seksama, dan penataan penalaran ditaati dengan konsisten, pemakaian bahasa indonesia dikatakan benar. Sebaliknya, jika kaidah-kaidah bahasa itu kurang ditaati, pemakaiam bahasa tersebut dianggap tidak benar.

3. Bahasa Indonesia yang baik dan benar

Bahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa indonesia yang digunakan sesuai dengan norma kemasyarakatan xang berlaku dan sesuai dengan kaidah bahasa indonesia yang berlaku. Pemakaian lafal daerah, seperti lafal bahasa Jawa, Sunda, Bali, Batak dalam bahasa indonesia pada situasi resmi sebaiknya dikurangi. Misalnya kata memuaskam yang diucapakan nemuasken bukanlah lafal bahasa indonesia.

Pemakaian lafal asing sama saja salahnya dengan pemakaian lafal daerah . Ada orang yang biasa mengucapkan kata logis dan sosiologi menjadi lohis dan sosinlohi. Jika demikian bagaimana demgan kata gigi ? Berarti apa difafalkan jadi hihi ? Wkwkwkwkwk…..lucu kan jadi dalam situasi resmi tidaklah tepat. Apa lagi memakai kata cinta laura…., dah hujan becek , gak ada ojek…..

Saya kira hanya itu yang dapat saya tuliskan tentang bahasa indonesia yang bahk dan benar, semoga bisa membantu. Teriakasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: