Pancasila dan empat puluh lima ( 45 ) butir butir Pancasila ( P4 )



A. Meningkatkan pengamalan kehidupan demokrasi pancasila dan kehidupan yang tertib, aman, dan tenteram dalam berbagai lingkungan kehidupan

Bagaimana agar kita dapat memujudkan kehidupan yang tertib, aman, dan tenteram ? Tiada lain dengan jalan berpegang teguh pada pandangan hidup kita sendiri. Apa pandangan hidup kita itu ? Kita telah memiliki pandangan hidup yang telah teruji kemampuan dan keampuhannya dalam berbagai gelombang sejarah bangsa, yakni Pancasila.

Dari pernyataan di atas, tersirat makna bahwa untuk mewujudkan kehidupan yang tentram dan tertib, kita harus memegang teguh dan mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Baik di lingkungan keluarga, sekolah , pekerjaan, maryarakat, maupun kehidupan berbangsa dan bernegara, serta dalam segenap aspek kehidupan, baik dalam aspek politik, ekomomi, sosial budaya, dan hankam ( poleksosbudhankam ).

Keempat puluh lima butir pengamalan pancasila telah cukup memberikan bimbingan praktis kepada segenap bangsa indonesia untuk mengamalkan pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Adapun wujud pengamalan dari 45 butir-butir pancasila menurut Ekaprasetia Pancakarya yaitu :

1. Butir Sila kesatu : ketuhanan yang maha esa

1.1. Bangsa indonesia menyatakan kepercayaan dan ketakwaannya terhadap tuhan yang maha esa.

BACA SELSENGKAPNYA,/ BACA SELANJUTNYA

 

22 Tanggapan to “Pancasila dan empat puluh lima ( 45 ) butir butir Pancasila ( P4 )”

  1. Taera Says:

    Panjang sekali,, aiisshhhh

    • Reflin Gonibala Says:

      namanya juga aturan panjang gak apa-apa, yang penting di pahami maksud dan tujuannya..

      • simon petrus kaize Says:

        bagaimana pun itu hukum kita……

  2. Taera Says:

    Ya elaahhh…. panjang sekali

    • supeksa Says:

      emang panjang, masing2 sila dalam panca sila tu mempunyai butir-butir atau pointnya

  3. Nurul Slallu Smashblast Says:

    apakah benar semua ini ?
    panjang banget,yach jdi harus bercape2 deeh…. :( ditulis tangan lgi… huft :'(

    • supeksa Says:

      ini saya kutip dari buku UUD 1945 . dan saya yakin ini benar… jika ada mungkin ada salah tulis sedikit. mohon nanti diperbaiki. terimakasih telah berkunjung dan selamat membuat tugas. semoga cepat selesai. ok hehehe :D.

    • abram Says:

      kan bisa di copy

  4. putri berliana milleni Says:

    ohahaha.. ternyata ini 45 butir P4 …
    baru tw gua,, sumpah,, gua bingung d kasih tugas sama guru PKn gua tntng 45 butir P4 ini… makasih ya,, skrng gua bisa ngerjain tugas gua :)

    • supeksa Says:

      sama2.

    • emonzz_draiizz..... Says:

      sama dngan gua juga jga, gua juga baru tau neee….mkasih ya

  5. lasu Says:

    weeeee sonde ada pasal-pasal yang mengandung pancasila kowwww

    • Ketut Supeksa Says:

      kalo saya taw, semua undang2 dasar mengandung pancasila. karena dalam pembuatan undang2 dasarnya pancasila

  6. okta Says:

    makasihh infony..
    tgasny udah slesai niih..

  7. MauraParker Says:

    giliran gue yang nyatet sekarang :D

  8. setiawan Says:

    Seandainya penataran p4 diadakan lagi di semua lini dari tk SD – jadi pegawai bahkan calon anggota dewan saya yakin negara ini tidak seperti sekarang. Tambah parahnya lagi pelajaran Pendidikan Moral Pancasila sudah tidak ada rakyat banyak yang pinter tapi tidak bener

    • Ketut Supeksa Says:

      Setuju, mari kita sosialisasikan P4

      • 2006uvie Says:

        y

  9. algo Says:

    Tolong donk beri referensi berupa buku mengenai 45 butir pancasila iniini

    • Ketut Supeksa Says:

      Referensi dari buku, pada masa orde baru,,,, dan gx taw bukunya dimana, tpi untung saya sempat mengetiknya

  10. 2006uvie Says:

    hmmmmm okkkkkhhh ngerti aku

  11. Rakyat Yang Tertindas Says:

    Bagi PAra Pembaca ngak usah banyak komen yg tidak bermanfaat lah..Butir2 P4 tuh sdh lengkap..klu kita hayati, pahami, dan diamalkan aman negara ni..semuanya berjalan sesuai dengan koridornya masing2 dan berkontribusi sesuai kemampuan dan upaya kita, serta patuh dan taat kepada UU dan peraturan pemerintah pasti Negara Indonesia Ok. Jalan kan hukum yg berlaku jangan diperjual belikan, sama kan hukum buat rakyat dan pemimpin…MAknai Pahami dan Amalkan Pancasila dan UUD 1945…Ini BAru Kesadaran berbangsa dan bernegara..Ni malah banyak komen..yg ngak ada arti..panjanglah..inilah..itulah..kapan mau majunya Indonesia ini..Siapa KAh Lagi yg merubah negara ini akan menjadi baik kalau pribadi kita masing2 ngak benar…!


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: