Biosekuriti dalam lokasi farm


A. Pengertian biosekuriti

Biosekuriti merupakan gabungan tindakan yang ditujukan bagi pencegahan masuknya penyakit dari luar dan juga menekan jumlah agen penyakit di lokasi farm.

B. Tindakan-tindakan yang dibutuhkan meliputi :

1. Sanitasi dan desinfeksi

a. Pilih peralatan dari bahan yang mudah dibersihkan.
b. Gunakan bahan lantai yang mudah dibersihkan dan didesinfeksi. c. Sediakan tempat cuci tangan dan sabun, juga celup kaki di depan pintu. d. Desinfeksi bisa efisien hanya setelah pembersihan menyeluruh. Misalnya :

– kandang dan lingkungan : semprot dengan desinfektan dua hari sekali. – alat transportasi dan peralatan lain : semprotkan desinfektan setelah dicuci , setiap setelah digunakan.
– saluran pipa air minum kandang : flushing , kalau bisa setiap hari – gudang, peti telur, ruang ganti / toilet, sepatu boot / alas kaki : semprot dengan desinfektan setelah dibersihkan.
– instalasi dan bak air : dilkuras / flushing sebulan sekali – spray dan bak celup kaki / roda kendaraan : dengan mengganti larutan desinfektan setiap hari.

2. Kontrol lalu lintas

a. Gunakan prosedur ketat untuk kontrol dan membatasi tamu yang masuk ke farm. b. Sediakan ruang ganti dan ruang khusus untuk menyimpan pakaian dari luar. c. Sediakan shower dan tempat / bak khusus celup roda kendaraan di pintu gerbang masuk peternakan dan bak celup kaki di kandang terisi larutan desinfektan.
d. Jangan biarkan sopir angkutan barang masuk ke farm.
e. Sediakan dan kenakan pakaian, sepatu atau alas kaki khusus yg dipakai hanya dalam lokasi, baik oleh karyawan maupun tamu yang berkepentingan.
f. Sepatu atau alas kaki harus didesinfeksi sebelum masuk kandang.

3. Isolasi

a. Tidak ada hewan lain / baik di dalam farm rearing maupun farm produksi. Lakukan pencegaian agar tikus, kucing atau burung liar masuk ke dalam kandang karena merupakan pembawa bibit penyakit. Pemeriksaan perlu dilakukan pada langit-langit, dinding, panel listrik,dan tempat pakan.
b. Ayam mati / bangkai harus dileluarkan dari farm setidaknya 2 kali sehari pada tempat yang jauh dari lokasi farm. Apabila terjadi kasus wabah penyakit, maka penularan dilakukan lebih sering ( 4- 5 kali ) . Penggunaan bangkai bisa dilakukan secara dikubur setelah di bakar atau di buang dalam lobang pembuangan khusus ( Pit Disposal ) yang tertutup rapat.

4. Persiapan kandang

a. Setelah seluruh ayam dikeluarkan, segera semprotkan isektisida ke seluruh permukaan dimana banyak serangga berpindah ke tempat lain. b. Keluarkan semua peralatan dan bersihkan dh tempat terpisah di luar kandang : keluarkan litter bekas, kotoran dan sisa pakan dari peralatan pakan.
c. Cuci bagian dalam kandang dengan air bertekanan tinggi ( sprayer / fogging ) dimulai dari atas, dinding dan lantai.
d. Desinfeksi permukaan bagian dalam bangunan dan semua peralatan. e. Desinfeksi dahulu dinding dan lantai dengan menyemprotkan desinfektan. f. Pada kandang terbuka , tirai penutup dapat segera dipasang setelah bagian dalam bersih.
g. Disinfeksi semua peralatan dengan mencelupkan dalam larutan desinfektan. h. Tangki dan pipa air minum dibersihkan dari kotoran / kerak pipa dengan larutan asam sitrat, dibiarkan 24 jam kemudian di flusing. i. Lakukan penggaraman pada lantai dengan dosis 25 gram / m2 yang sudah dilarutkan dalam air, dibiarkan semalam dan kemudian dibilas dengan air bersih yang bertujuan untuk mengendalikan dan mengurangi telur cacing.
j. Bila memungkinkan dan bangunan bisa ditutup rapat, lakukan fumigasi saat desinfeksi. Setelah fumigami, tutup rapat hingga 24 jam dan keluarkan udara di dalam selama 24 jam berikutnya.
k. Istirahatkan kandang selama 2 minggu dalam keadaan sudah bersih.

Itulah yang dapat saya tuliskan tentang biosekuriti pada farm, bisa dibikang upaya perlindungan terhadap bibit penyakit di dalam farm. Jika ada kesalahan mohon dimaklumi. Kunjungi terus blog ini. Sekian dan terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: