Tujuan , fungsi, dan prinsip manajemen peserta didik



Pengertian manajemen peserta didik

I. Manajemen adalah suatu proses yang dilakukan agar suatu usaha dapat berjalan dengan baik memerlukan perencanaan, pemikiran, pengarahan dan pengaturan serta mempergunakan / mengikut sertakan semua potensi yang ada baik personal maupun material secara efektif dan efisien.

Peserta didik adalah orang / individu yang mendapatkan pelayanan pendidikan sesuai dengan bakat , minat, dan kemampuannya agar tumbuh dan berkembang dengan baik serta mempunyai kepuasan dalam menerima pelajaran yang diberikan oleh pendidiknya.

Dari pengertian manajemen dan peserta didik diatas dapat kita simpulkan bahwa manajemen peserta didik adalah pupil personnel administration artinya layanan yang memusatkan perhatian pada pengaturan , pengawasan, dan pelayanan siswa di kelas dan di luar kelas seperti : pengenalan, pendaftaran, layanan individuan seperti keseluruhan kemampuan, minat, kebutuhan sampai ia matan di sekolah. ( Knezevich, 1961 ).

A. Tujuan manajemen peserta didik

Tujuan manajemen peserta didik adalah mengatur kegiatan-kegiatan peserta didik agar kegiatan-kegiatan tersebut menunjang proses pembelajaran di lembaga pendidikan ( sekolah ) lebih lanjut, proses pembelajaran di lemcga tersebut dapat berjalan lancar, tertib, dan teratur sehingga dapat memberikan kontribusi bagi pencapaian tujuan sekolah dan tujuan pendidikan secara keseluruhan.

B. Fungsi manajemen peserta didik

Fungsi manajemen peserta didik adalah sebagai wahana bagi peserta didik untuk mengembangkan diri se-optimal mungkin, baik yang berkenaan dengan segi-segi individualitasnya, segi sosial, aspirasi, kebut uhan dan segi-segi potensi peserta didik dapat tercapai . Dalam fungsi manajemen peserta didik tersebut ada beberapa prinsipnya.

C. Prinsip-prinsip manajemen peserta didik

Adapun beberapa prinsip dari manajemen pendidikan antara lain :

1. Dalam mengembangkan program manajemen kepeserta didikan,
penyelenggara harus mengacu pada peraturan yang berlaku pada saat program dilaksanakan.

2. Manajemen peserta didik dipandang sebagar bagian keseluruhan manajemen sekolah.

3. Segala bentuk kegiatan manajemen peserta didik haruslah mengemban misi pendidikan dan dalam rangka mendidik peserta didik.

4. Kegiatan-kegiatan manajemen peserta didik haruslah diupayakan untuk mempersatukan peserta yang mempunyai keragaman latar belakang dan punya banyak perbedaan.

5. Kegiatan manajemen peserta didik haruslah di pandang sebagai upaya pengaturan terhadap pembimbingan peserta didik.

6. Kegiatan manajemen peserta didik haruslah mendorong dan memacu kemandirian peserta didik.

7. Kegiatan manajemen peserta didik harus fungsional bagi keìdupan peserta didik, baik di sekolah lebih-lebih di masa depan.

Itulah tulisan singkat tentang tujuan, fungsi, dan prinsip manajemen peserta didik, jika kurang jelas atau ada kesalahan mohon dimaklumi😀 . Terima kasih🙂

Hadiah untuk para pengunjung karena telah membuka blog ini maka akan saya berikan alamat website yang dikunjungi paling banyak dan mungkin sangat berguna, 1 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: