Istilah lain dari perjanjian internasional


Pemberian berbagai istilah perjanjian internasional ( traktat ) didasarkan pada tingkat pentingnya suatu perjanjian internasional serta keharusan untuk mendapatkan suatu ratifikasi dan setiap kepala negara yang mengadakan perjanjian.

Istilah-istilah lain dari perjanjian adalah sebagai besikut :

a. Traktat ( treaty ), yaitu perjanjian paling formal yang merupakan persetujuan dari dua negara atau lebih. Perjanjian ini khusus mencakup bidang politik dan bidang ekonomi.

b. Konvensi ( convention ) yaitu perjanjian formal yang bersifat multilateral, dan tidak berurusan dengan kebijakan tingkat tinggi ( high policy ). Persetujuan inh harus dilegalisasi oleh wakil-wakil yang berkuasa penuh ( plaenipotentiones ).

c. Protokol ( protocol ), yaitu persetujuan yang tidak resmi dan pada umumnya tidak dibuat oleh kepala negara, mengatur masalah-masalah tambahan seperti penafsiran klausul-klaurul tertentu.

d. Perjanjian ( agreement ) , yaitu perjanjian yang bersifat teknis atau admistratif. Agreement tidak diratifikasi karena sifatnya tidak seresmi traktat atau konvensi.

e. Perikatan ( arrangement ), yaitu istilah yang digunakan untuk transaksi-transaksi yang bersifat sementara. Perikatan tidak seresmi traktat dan konvensi.

f. Proses verbal, yaitu catatan-catatan atau ringkasang-ringkasan atau kesimpulan-kesimpulan konferensi diplomatik, atau catatan suatu permufakatan. Tetapi Proses verbal tidak diratifikasi.

g. Piagam ( statute ), yaitu himpunan peraturan yang ditetapkan oleh persetujuan internasional baik mengenai pekerjaan maupun
kesatuan-kesatuan tertentu seperti pengawasan internasional yang mencakup tentang minyak atau mengenai lapangan kerja lebaga-lembaga internasional. Piagam itu dapat digunakan sebagai alat tambahan untuk pelaksanaan suatu konvensi ( seperti piagam kebebasan transit ).

h. Deklarasi ( declaration ), yaitu perjanjian internasional yang berbentuk traktak, dan dokumen tidak resmi. Deklarasi sebagai traktat bila menerangkan suatu judul dari batang tubuh suatu ketentuan traktat , dan sebagai dokumen tidak resmi apabila merupakan lampiran pada traktat atau kovensi . Deklarasi sebagai persetutujuan tidak resmi bila mengatur hal-hal yang kurang penting.

i. Modus vivendi, yaitu dokumen unuuk mencatat persetujuan
internasional yang bersifat sementara , sampai berhasil diwujudkan perjumpaan yang lebih permanen, terinci, dan sistematis serta tidak memerlukan ratifikasi.

j. Pertukaran Nota, yaitu metode yang tidak resmi, tetapi akhir-akhir ini banyak digunakan. Biasanya, pertukaran nota dilakukan oleh wakil-wakil militer dan negara serta dapat bersifat multilateral. Akibat pertukaran nota ini timbul kewajiban yang menyangkut mereka.

k. Ketentuan penutup ( final act ), yaitu ringkasan hasil konvensi yang menyebutkan negara peserta, nama utusan yang turut diundang, serta masalah yang disetujui konferensi dan tidak memerlukan ratifikasi.

l. Ketentuan umum ( general act ), yaitu traktat yang dapat bersifat resmi dan tidak rermi . Misalnya, LBB ( liga bangsa bangsa ) menggunakan ketentuan umum mengenai arbitasi untuk menyelesaikan secara damai pertikaian internasional tahun 1928.

m. Charter, yaitu istilah yang dipakai dalam perjanjian internasional untuk pendirian badan yang melakukan fungsi administratif. Misalnya, Atlantic charter.

n. Pakta ( pact ), yaitu istilah yang menunjukkan suatu pesetujuan yang lebih khusus ( pakta warsana ). Pakta membutuhkan ratifikasi.

o. Covenant, yaitu anggaran dasar LBB ( liga bangsa-bangsa )

Itulah mengenai istilah-istilah lain dalam perjanjian internasional. Jika ada kesalahan dan kekurangan mohon dimaklumi😀 . Terimakasih telah berkunjung di blog ini. By….🙂

Hadiah untuk para pengunjung karena telah membuka blog ini maka akan saya berikan alamat website yang dikunjungi paling banyak dan mungkin sangat berguna, 1 2 3

17 Tanggapan to “Istilah lain dari perjanjian internasional”

  1. indra Says:

    perbanyak istilahnya donk>>

    • supeksa Says:

      iya, nanti kan ku perbanyak, thanks ya sarannya…………..!

  2. Ulfa Says:

    Thanks, membantu banget nech!

    • supeksa Says:

      ia. sama2 snang bs membantu. thanks jg kunjungannnya..

  3. N0pi Says:

    Tx bnget da bsa bntu ngerjaen tgas.a…
    Jd cpat slesai neh..

    • supeksa Says:

      Sama2. thanks jg dah berkunjung…..snang bsa membantu

  4. ingfrid sugita Says:

    thx y jadi bisa ngerjain tugas. kenapa ga daritadi plih yg ini. hahhaa

    • supeksa Says:

      sama2_… ya pilihlah brog supeksa selalu_🙂

  5. Putra Saleh Says:

    thank you bro

    • supeksa Says:

      yoi bro,🙂

  6. Miftahul putri Says:

    Untung nemu ni situs . .
    Tugas pkn gw selesai deh. . . .:D

  7. sikucingitem Says:

    thx masbro..

  8. Metta Yuni Klarista Says:

    di masing ” masing istilah lain perjanjian internasional itu ada contoh” nya ga ya?

    • Ketut Supeksa Says:

      Sebenarnya ada, tpi belum sempet di buat,,, nah PR untuk kalian hehehhee🙂

  9. cpchenko Says:

    SAMBUX PTC No SCAM Terbaru!!! Dan 3 PTC Terpercaya Lainnya (Check it Out)!!!
    Yang baru mewarnai dunia PTC saat ini. Sambux, online sejak Desember 2012, dengan sistem kerja hampir mirip Neobux ataupun Probux. So mari kita lihat bagaimana kiprahnya, apakah mampu menyamai ataupun mengungguli sang raja bux, Neobux. Semuanya biarlah waktu yang menjawabnya.
    silahkan klik di bawah ini…
    http://cpchenko.blogspot.com/2013/01/sambux-ptc-no-scam-terbaru-dan-3-ptc.html

    • Ketut Supeksa Says:

      Sepertinya jika promosi anda berkomentar di tempat yang salah, saya sudah sediakan halaman di PASANG IKLAN GRATIS, silahkan anda berkomentar disana bebas pasang link

  10. Nita Anggraini Says:

    dikasii contohnya donkk ..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: