Virus dengue atau demam berdarah dengue


A. Virus dengue

Demam berdarah dengue ( DBD ) merupakan penyakit infeksi yang dapat berakibat fatal. Dalam waktu relatif singkat , penyakit inh dapat merenggut nyawa penderitanya jika tidak dhtangani secepatnya. Demam berdarah dengue disebabkan oleh virus dengue dari famili flaviviridae dan genus flavivirus. Virus ini mempunyai empat ( 4 ) serotipe yang dikenal dengan DEN-1, DEN-2, DEN-3 dan DEN-4. Keempat serotife ini menimbulkan gejala yang berbeda-beda jika nenyerang manusia. Serotipe yang banyak menyerang pada masyarakat adalah virus dengue DEN-1 dan DEN-3, tetapi yang paling berat di Indonesia adalah DEN-3.

Perlu dicatat : Demam berdarah dengue tidak menular kontak dari manusia ke manusia. Virus demam berdarah dengue hanya dapat ditularkan melalui nyamuk, sehingga penyakit ini termasuk ke dalam kelompok arthropod borne diseases.

B. Morfologi dan sifat-sifat nyamuk Aedes aegypti

1. Nyamuk Aedes aegypti di dataran rendah beriklim tropis sampai subtropis.

2. Tubuh nyamuk relatif lebih kecil dibandingkan jenis nyamuk yang lain.

3. Sangat menyukai tempat yang teduh dan lembab, suka bersembunyi di bawah kerindangan pohon, ataupun pakaian yang tergantung dan berwarna gelap.

4. Tubuh berwarna hitam dengan gelang-gelang putih dengan
bercak-bercak putih di sayap dan di kakinya.

5. Berkembang biak pada genangan air yang jernih , yang ada dalam wadah, bukan pada air kotor ataupun air yang langsung bersentuhan dengan tanah. Misalnya tempat penampungan air untuk keperluan sehari-hari seperti ember, tangki, bak mandi, tempayan dan drum. Tempat penampungan air alami dan bukan untuk sehari-hari seperti barang-barang bekas, potongan bambu, pelepah pisang, tempurung kelapa, pelepah daun, vas bunga, tempat minum burung, perangkap semut, lubang batu dan lubang pohon.

6. Umumnya menggigit pada siang hari ( pukul 09.00 s/d 10.00 ) atau sore hari ( pukul 16.00 s/d 17.00 ). Tetapi hanya nyamuk betina yang menggigit dan menularkan virus dengue.

7. Nyamuk betina membutugkan darah manusia untuk mematangkan telurnya agar dapat meneruskan keturunannya. Nyamuk ini bertelur tiga hari setelah menghisap darah.

8. Kemampuan terbangnya kira-kira 100 s/d 200 meter.

C. Daur hidup nyamuk Aedes aegypti

1. Nyamuk betina meletakkan telur di tempat perkembang-biakannya.

2. Dalam beberapa hari telur menetas menjadi jentik, kemudian berkembang menjadi kepompong dan akhirnya menjadi nyamuk dewasa. Perkembang biakannya dari :

telur – jentik – kepompong – nyamuk kecil – nyamuk dewasa .

proses ini membutuhkan waktu 7 s/d 10 hari.

3. Dalam tempo 1 s/d 2 hari nyamuk yang baru menetas ini ( yang betina ) akan menggigit manusia dan siap untuk melakukan perkawhnan dengan nyamuk jantan.

4. Setelah menghisap darah , nyamuk betina beristirahat sambil menunggu proses pematangan telurnya.

5. Siklus menghisap darah dan bertelur ini berulang setiap 3 s/d 4 hari.

6. Bila menghisap darah seseorang penderhta demam berdarah dengue atau carrier, maka nyamuk ini seumur hidupnya dapat menularkan virus itu.

7. Umur nyamuk betina dapat mencapai 2 s/d 3 bulan.

D. Penyebaran penyakit DBD

Penyakit demam berdarah dengue umumnya ditularkan melalui gigitan Aedes aegypti yang tinggal dalam rumah , atau nyamuk Aedes albopictus yang biasa berada di kebun pekarangan rumah. Keduanya bisa sama menularkan virus dengue. Namum Aedes aegypti yang paling sering atau banyak menjadi penularnya. Nyamuk ini mendapat virus dengue pada waktu menghisap darah penderita demam berdarah dengue atau orang tanpa gejala sakit yang membawa virus itu dalam darahnya ( carrier ). Virus memperbanyak diri dan menyebar ke seluruh tubuh nyamuk, termasuk ke kelenjar ludahnya. Jika nyamuk ini menggigit orang lain, maka virus dengue akan dipindahkan bersama air liur nyamuk ke tubuh orang tersebut. Dalam waktu kurang dari 7 hari orang tersebut dapat menderita penyakit demam berdarah dengue. Virus ini memperbanyak diri dalam tubuh manusia dan akan berada dalam darah selama satu ( 1 ) minggu. Orang yang kemasukan virus dengue tidak semuanya akan sakit demam berdarah dengue. Ada yang demam ringan yang akan sembuh dengan sendirinya, atau bahkan yang tanpa gejala sakit sama sekali. Tetapi semuanya merupakan pembawa virus dengue selama satu minggu, sehingga dapat menularkan kepda orang lain di berbagai wilayah yang ada nyamuk penularnya.

E. Infeksi virus dengue

Apabila ada nyamuk Aedes aegypti maupun Aedes albopictus menggigit tubuh si pengidap virus, virus itu akan bersiklus di dalam tubuh nyamuk. Nyamuk yang di dalam tubuhnya sudah bervirus lalu
memindahkannya ke dalam tubuh orang yang sehat. Begitu seterusnya terjadi. Virus dengue berpindah dan berpindah lagi ke banyak tubuh sehat lainnya melalui gigitan nyamuk bervirus. Sehingga seseorang dapat terinfeksi lebih dari sekali dengan serotipe virus yang sama atau berbeda.

Itulah sedikit mengenai demam berdarah dengue. Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaklumi😀 . Terima kasih telah berkunjung di blog ini. Bye…..🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: