Ambisi dan ambisi yang berlebihan ( ambisius )


Ambisi adalah dorongan untuk mencapai hasil yang diperlihatkan dan dihargai oleh orang lain. Menurut ilmu jiwa ” keberhasilan ” dimaksudkan untuk mempertinggi rasa harga diri dan memperkuat kesadaran diri. Sedangkan ambisi yang berlebihan ( ambisius ) mungkin merupakan alat untuk menutupi ketidakberhasilan, baik bagi diri sendiri atau orang lain, maupun perasaan rendah diri.

Motivasi untuk mencapai hasil bukanlah bawaan, tetapi dibentuk melalui pendidikan. Masyarakat kita beriorentasi pada sukses dan prestasi, membuat orang tua mendorong ambisi anak dan muridnya. Akan tetapi banyak orang tidak menyadari bahwa ambisi yang berlebihan merusak keberhasilan. Dalam suatu percobaan yang menarik, ahli ilmu
pengetahuan Amerika R.G. Stenent dapat memperlihatkan bahwa, ambisi yang berlebihan memberi efek buruk terhadap hasil yang dicapai.

Ambisi yang terlalu kuat berakibat negatif, tidak hanya terhadap perkembangan kemampuan untuk berhasil, tetapi juga terhadap
perkembangan sosial. Orang yang punya ambisi berlebihan cerderung ” egois ” dalam mencapai sasarannya. Hal itu karena orang yang ambisius lebih memusatkan perhatian pada tujuannya sendiri tanpa memperhatikan orang lain, dan tidak terbuka pikirannya terhadap orang lain.

Apa anda termasuk orang berambisi apa orang yang ambisius ? Atau adakan teman anda yang anda rasakan memiliki ambisi yang berlebihan ? Jika ada bagaimanakah sikapnya ? Dan anda dapat menyimpulkannya sendiri.

Itulah yang saya dapat tuliskan tentang ambisi dan ambisius yang saya kutip dari berbagai sumber. Jika ada kesalahan dan kekurangan mohon dimaklumi😀 . Terima kasih kunjungannya🙂 .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: