Korelasi Hewan dan Manusia


Sebelumnya orang-orang primitif hidup dari hasil bumi dengan jalam mengumpulkan biji-bijian atau buah-buahan : tanama liar, berburu macam-macam hewan yang terdapat di alam bebas, menangkap ikan di laut atau di sungai. Hasil itu semuanya untuk bahan makanan sepanjang masa hayatnya. Tetapi di negara-negara yang telah maju orang tidak bisa menyediakan makanannya secara demikian. Untuk menyediakan makanan orang menyelenggarakan pertanian, petermakan, perikanan. Untuk mempertinggi produksi, orang membudi dayakan ternak misalnya : sapi, domba, ungas, dan sebagainya.

Baik orang yang masih primitif maupun orang yang sudah mempunyai peradaban dan kebudayakan tinggi telah mengenal ikan darat, ikan laut, termasuk udang-udangan, kerang-kerangan sebagai sumber protein. Tapi orang dulu hanya tinggal mengambil hasilnya saja. Sekarang orang dengan bantuan sains, dapat meninggikan hasil produksi pertanian dan peternakan serta perikanan.

Hewan-hewan tidak saja sebagai sumber protein, tetapi sumber bahan pakaian atau sumber bahan keperluan lain. Misalnya : ” bulu ” domba sebagai sumber bahan pakaian. Benang sutera dari ulat sutera juga sebagai bahan pakaian, kelenjar-kelenjar dari alat-alat hewan merupakan bahan pembuatan hormon atau obat-obatan lain : madu tawon, kulit penyu, spons alam, shellac merupakan hasil hewan yang digunakan manusia. Penyediaan daging, pengawetan ikan dan daging, pengalengan daging dan ikan merupakan kegiatan yang sehubungan dengan hasil hewan.

Diantara hewan-hewan banyak juga yang merugikan manusia, misalnya : hewan pemakan hewan lain, protozoa yang menyebabkan penyakit pada ternak dan manusia. Beberapa penyakit yang disebabkan oleh protozoa yang terkenal dalam sejarah manusia yaitu malaria, penyakit tidur, disentri amoeba.

Beberapa insecta sebagai penyebar bibit penyakit, penyebab penyakit pada tanaman. Untuk memberantas penyakit-penyakit itu diperlukan pengetahuan tentang siklus hidupnya, tingkah kakunya dan lain-lain.

Itulah sedikit ulasan tentang korelasi hewan dan manusia. Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaklumi😀 . Terimakasih telah berkunjung di blog ini ,bye🙂 .

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: