Itu bukan apel ( percobaan dengan indera penciuman dan pengecap rasa )


Pernahkah kamu menyadari bahwa ketika kamu terkena flu dan hidungmu tersumbat, indera penciuman tidak berfungsi ? Hal ini masuk akal. Namun pernahkah kamu memerhatikan bahwa ternyata indera pengecapmu juga tidak bereungsi ? Cobalah kegiatan ini untuk mengetahui lebih jauh cara dua indera ini : penciuman dan pengecap yang ternyata saling berhubungan.

Bahan-bahan :

a. Pengupas kentang

b. Pisau

c. Wortel

d. Kentang

e. Buah pir

f. Bawang merah

g. 12 tusuk gigi

h. Piring

i. Segelas air

Cara kerja :

1. Mintalah orang dewasa untuk mengupas dan memotong semua sayur atau buah mentah ke dalam potongan yang sama. Pasangkan tusuk gigi pada tiap potongan dan tempatkan potongan-potongan tersebut di atas piring. Kamu memerlukan dua sampel dari setiap sayur atau buah.

2. Minta temanmu untuk menutup mata dan menggunakan jari untuk memencep hidungnya kuat-kuat.

3. Gunakan tusuk gigi untuk menyuapkan setiap potongan makanan pada temanmu. Suruh dia mengunyah makanan secara perlahan dan mencoba untuk mengenali apa yang ia makan.

4. Setelah dia menebak makanan apa yang baru ia makan, suruhlah ia berkumur dengan air.

5. Ulangi langkah-langkah 3 dan 4 untuk setiap jenis makanan. Dapatkah temanmu mengenali makanan-makanan itu ?

6. Ulangi kegiatan tersebut, tetapi kali ini suruhlah ia menutup mata dan biarkah hidungnya tetap terbuka bagaimana hasilnya ?

Coba kembali kegiatan tersebut, tetapi sebelumnya oleskan beberapa tetes ekstrak vanili pada bibir atas temanmu. Suruh dia menutup mata, dan biarkan hidungnya terbuka. Bagaimana hasilnya ?

Penjelasan :

Ketika temanmu menutup hidung, dia akan mengalami kesulitan mengenali makanan. Ketika menutup mata, tetapi hidung terbuka, dia pasti dapat mengenali makanan dengan mudah.

Merasakan makanan tidak hanya melibatkan reseptor rasa pada lidah. Bau, tekstur, suhu, dan bentuk makanan, semuanya mempengaruhi bagaimana kamu menangkap rasanya. Saraf olfaktori pada masing-masing sisi hidung mengirim informasi bau sebagai infuls menuju ke otak. Otak menerima informasi ini lebih dulu sebelum menerima informasi rasa dari kuncup rasa pada lidah. Seringkali kamu mencium makanan sebelum kamu mencicipinya !

Saya rasa hanya itu yang dapat saya tuliskan tentang percobaan pada indera pengecap dan penciuman, semoga bermanfaat .terimakasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: