Biosintesis dan pengaruh fisiologi auksin


A. Biosintesis auksin

Sebagaimana telah kita ketahui bahwa IAA adalah endogencus auksin yang terbentuk dari asam-asam amino aromatik tryptophan yang merupakan suatu senyawa dengan inti indole dan selalu terdapat dalam jaringan tanaman. Dalam jalur proses biosintensis IAA, tryptophan akan diubah menjadi indole pyruvic acid dan triptamine yang selanjutnya menjadi indole-3-acetaldehyde, kemudian menjadi indole-3-acid (IAA ).

B. Pengaruh fisiologi auksin

Dalam aspek pertumbuhan dan perkembangan tubuhan, auksin juga mempengaruhi berbagai proses fisiologis di dalam tumbuhan, antara laiin :

1. Perpanjangan sel

IAA atau auksin selain memacu perpanjangan sel, juga menyebabkan perpanjangan koleoptil dan batang. Distribusi auksin dalam organ tumbuhan ( batang dan akar ) tidak merata, sehingga akan menyebabkan pembesaran sel yang tidak sama dan disertai dengan pembengkokan organ ( geotropisme dan fototropisme ). Auksin pada umumnya menghambat pemanjangan sel-sel jaringan akar.

2. Tunas ketiak

Auksin disintesis pada meristem apikal dan kemudian ditransport ke bagian bawah , sehingga menghambat pertumbuhan tunas ketiak ( tunas lateral ). Jika tunas apikal dipotong, maka tunas lateral akan berkembang.

3. Absisi daun

Daun akan terlepas dari batang jika sel-sel pada daerah absisi mengalami perubahan kimia dan fisik. Proses absisi dikendalikan oleh auksin dalam sel-sel sekitar atau daerah absisi.

4. Aktivitas kambiun

Auksin merangsang pembelahan sel dalam daerah kambium

5. Tumbuh akar

Dalam akar, pengaruh auksin biasanya menhambat perpanjangan sel, kecuali pada konsentrasi yang sangat rendah.

Itulah ulasan mengenai biosintesis dan pengaruh fisiologi auksin. Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaklumi. Bye… Hahaha😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: