Rektor IKIP Saraswati Tabanan ( Dr. Drs. Dewa Nyoman Oka, M.Pd ) Raih Gelar Doktor dengan prestasi CUMLAUDE


Rektor IKIP Saraswati Tabanan Drs. Dewa Nyoman Oka, M.Pd. Pada hari selasa 29 Maret 2010 resmi menyandang gelar doktor dibidang ilmu kedokteran setelah dinyatakan lulus dengan predikat cumlaude ,dan saya menyebutnya luar biasa, exelent karena berhasil lulus hanya dalam waktu 2 tahun lebih 9 bulan ( 33 bulan ) dalam sidang ujian terbuka di aula Pascasarjana Universitas Udayana. Beliau diuji oleh 15 penguji, 10 orang dari juri penyanggah dan 5 orang juri penguji dari undangan akademik, yang dipimpin oleh Direktur Program Pascasarjana Unud : Prof. Dr. dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S.( K ) . Dalam ujian tersebut beliau membawakan dengan judul “ Implementasi Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Bermodul, Meningkatkan Pemahaman dan Perilaku Pencegahan Demam Berdarah Dengue pada Pembelajar SMPN di Kecamatan Abiansemal ” dan karena tulisan beliau ini, akan diundang ke Taiwan sebagai pembicara disana.

Sedikit catatan saat beliau diuji DOWNLOAD COVER dan LOGO IKIP SARASWATI TABANAN bali

Sebagai Promovendus ( Dewa Nyoman Oka ), menurutnya pencegahan demam berdarah dengue ( DBD ) dapat dilaksanakan dengan pendekatan edukatif dan persuasif melalui berbagai kegiatan pembelajaran dan penyuluhan kepada masyarakat. Pada tahun 1993 Direktur Pendidikan Dasar dan Menegah Depdikbud mengeluarkan petunjuk teknis pelaksanakan pemberantasan sarang nyamuk DBD di sekolah-sekolah melalui Usaha Kesehatan Sekolah ( UKS ). Namun, kata Dewa Nyoman Oka, berdasarkan hasil wawancara dengan guru pembina UKS da SMPN se-Kecamatan Abiansemal dan penyuluh dari Puskesmas setempat dinyatakan bahwa pembelajaran penyakit DBD dilakukan secara konvensional .
Promovendus yang juga Dosen Kopertis Wilayah VIII diperbantukan di IKIP Saraswati Tabanan ini mengatakan, pembelajaran seperti itu bersifat bersifat pasif. Pembelajaran yang baik adalah pembelajaran yang menuntut keaktifan siswa melalui strategi pembelajaran kooperatif. Pembelajaran model ini dapat meningkatkan prestasi belajar dan sekaligus dapat meningkatkan hubungan sosial, menumbuhkan sikap menerima, kekurangan dari orang lain, serta merealisasikan kebutuhan siswa dalam belajar berfikir, memecahkan masalah dan mengintegrasikan pengetahuan dan keterampilan.

Terkait model pembelajaran dengan DBD. Dewa Nyoman Oka yang juga Dosen Pendidikan biologi di IKIP Saraswati Tabanan inin menyebutkan, hasil penelitian menemukan modul DBD dengan latar strategi pembelajaran kooperatif ( SPK ) model jigsaw yang dilengkapi dengan modul DBD akan meningkatkan proses pembelajaran secara maksimal, meningkatkan aktivitas belajar, memeberikan arah yang jelas dan memberi umpan balik dengan segera. Selain itu, penerapan SPK jigsaw yang dilengkapi dengan modul DBD, mampu menumbuhkan motivasi intrinsik pembelajar sehingga dsar perilaku belajar dalam pencegahan DBD lebih mantap dan mendalam, bahkan bisa menjadi referansi perilaku orang lain. ( dikutip dari Bali Post )

Sebagai rektor IKIP Saraswati Tabanan beliau dikenal sebagai orang yang ramah, baik dan rendah hati, dan tentunya sangat berwibawa. Jadi teman-teman kita selayaknya berbangga diri karena bisa kuliah di IKIP saraswati Tabanan karena dipimpin oleh seorang rektor yang Jenius buktinya beliau dapat menyelesaikan atau meraih gelar Doktor hanya dalam waktu yang sangat singkat yaitu 2 tahun 9 bulan ( 33 bulan ). Inilah salah satu kehebatannya orang lain biasanya meraih gelar itu paling cepat 3 tahun lebih atau rata-rata yang tercepat biasaya 3,5 tahun ( 41 bulan ). Kami dari mahasiswa biologi dari semester awal sampai akhir mengucapkan selamat atas keberhasilannya dalam meraih gelar Doktor. O ya maaf di judulnya salah dikit, hampir lupa kalau sekarang nama beliau Dr. Drs. Dewa Nyoman Oka, M.Pd

Mau baca dalam bahasa inggris kunjungi link ini atau blogger saya klik aja di thesupeksa.blogspot.com . Atau klik kanan. open di new tab atau buka di tab baru

Penting dan sangat perlu dibaca oleh pembaca blog ini : Tulisan ini dimuat agar saya lebih termotivasi, tergerak untuk belajar lebih giat lagi, karena ini merupakan kesempatan yang tidak datang dua kali karena saya dapat menulis tentang orang hebat seperti beliau. Saya mengucapkan banyak terimakasih kepada beliau. Dan jika ada kesalahan dan kekurangan mohon dikoreksi karena keterbatasan kemampuan saya

6 Tanggapan to “Rektor IKIP Saraswati Tabanan ( Dr. Drs. Dewa Nyoman Oka, M.Pd ) Raih Gelar Doktor dengan prestasi CUMLAUDE”

  1. oka mahendra Says:

    selamat saya ucapkan kepada bapak rektor yang kita banggakan,,,!!
    moga dengan prestasi yg beliau raih bisa memacu kita agar berusaha menjadi orang yg sesukses beliau (^_^)

    • supeksa Says:

      yaps btul . smoga kita semua sukses . dan kami mengucapkan selamat kepada beliau. 🙂

  2. sri utami dewi Says:

    Selamat juga kepada Bapak rektor kita yang baru, semoga ilmu yang didapat oleh beliau dapat ditransfer ke lembaga kita IKIP Saraswati Tabanan. Agar semua mahasiswa IKIP dapat termotivasi dari contoh beliau. Setelah lulus kuliah kita dapat berhasil seperti beliau.. Astungkara… ^_^

  3. widya dewi Says:

    selamat kepada bapak rektor,,,,semoga ilmu dan gelar yang beliau peroleh dapat bermanfaat bagi beliau serta nantinya dapat dibagikan kepada seluruh mahasiswa,dan jaya IKIP SARASWATI TABANAN>>… swaha…….

  4. suparyana Says:

    selamat pada pak rektor semoga bisa di contoh oleh mahasiswa ikip saraswati tabanan
    SUKSESSSSS

  5. NN Says:

    Tuntulah ilmu setinggi langit
    kareba hanya ilmu pengetahuanlah yg bisa memahami dan mengerti kehidupan


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: