Keren, fakta bahwa Sungai dapat mengalir mundur


Di bekas Uni Soviet, arah beberapa sungai dialihkan atau bahkan dibalik untuk menyediakan air irigasi. Sebagian sungai yang mengalir ke laut aral di alihkan ke utara dalam suatu proyek manajemen air besar-besaran untuk mengairi daratan di utara daerah itu. Dalam beberapa kasus arah aliran sungai dibalik. Akau tetapi akibatnya laut aral mulai mengering karena tidak ada lagi air yang mengalir kesana. ( itu tidak cukup keren karena itu buatan manusia ) baca terus di bawahnya.

Kadang-kadang aliran sungai terbalik secara alami, tetapi ini hanya terjadi di sungai-sungai sangat besar, ketika pasang yang sangat tinggi mengatasi arus sungai normal. Di bagian-bagian sempit lembah sungai air mulai menumpuk., dan akhirnya suatu gelombang yang disebut kaliber pasang meluncur naik ke arah atas sungai, kadang-kadang sampai jarak yang cukup jauh.

Tahukah kamu : bahwa kaliber pasang terjadi di amason di amerika selatan, yang tempat ikan piranha tinggal. Dimana sebuah kaliber setinggi 4,5 meter. Kaliber yang lebih kecil maik ke atas sungai servern di ingris. O ya mau lihat kaliber pasang, tetapi dalam keadaan kecil ? Datang aja ke pantai tempat muara sungai pas waktu pasang surut bulan purnama, tetapi hati-hati jauhilah air pasang surut karena kekuatannya sangat besar menarik apapun, bisa-bisa anda ikut tertarik….cukup lihat dari jauh aja ok…!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: