Fista ( Festival IKIP Saraswati Tabanan )


Festival IKIP Saraswati Tabanan ( Fista ) Band and Dance 2011, yang dilaksanakan pada Sabtu 30 April 2011 lalu dibuka resmi Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olah Raga (Disdikpora) Kabupaten Tabanan, Drs. I Wayan Adnyana, M.Si. Fista berlangsung di Gelanggang Olah Raga Debes Tabanan disaksikan Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Saraswati Tabanan, Dr. Ir. I Gusti Ngurah Raka Haryana, M.S., Rektor IKIP Saraswati, Dr. Drs. Dewa Nyoman Oka, M.Pd, para dosen, pecinta musik dan peserta festival.

Kadisdikpora Tabanan Drs. I Wayan Adnyana, M.Si mengatakan, kegiatan Fista ini merupakan bagian dari tugas pendidikan di bidang olah seni untuk menetralisir keadaan moral generasi muda yang telah mengalami pergeseran nilai. Beliau mengatakan sangat prihatin tentang pelajaran kesenian di sekolah-sekolah. Pelajaran ini hanya diberikan dua jam dalam seminggu, sedangkan pelajaran eksak sampai empat atau lima jam dalam seminggu. Dengan demikian, terjadi ketimpangan dalam pendidikan seni yang berdampak seni di kalangan siswa kurang tersalurkan. Kabupaten Tabanan juga kekurangan guru seni, sehingga kegiatan Fista Band and Dance sangat mendukung program pendidikan di Tabanan, tegas Adnyana. Maka dari hal tersebut IKIP Saraswati Tabanan sebagai lembaga tinggi yang mengelola pendidikan, tidak cukup hanya mendidik mahasiswa menghasilkan kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan emosional.

Rektor IKIP Saraswati Tabanan, Dr. Drs. Dewa Nyoman Oka, M.Pd., sebagai penanggung jawab Fista menyebutkan, bakat yang dimiliki anak didik harus dipupuk dan dikembangkan serta disalurkan ke arah yang tepat. Kegiatan Fista yang kedua ini merupakan wadah kawula muda dan anak-anak sekolah di Tabanan untuk berkreativitas. Dalam Fista, mereka akan menampilkan kemampuan dan bakatnya di bidang musik dan tari. Para peserta dan berkompetisi dengan jujur dan sehat.
Peserta Fista 2011, menurut Ketua Panitia, Drs. Ida Bagus Anom Sutanaya, M.Pd, berjumlah 20 grup band. Para peserta sebelumnya diseleksi di sebuah studio musik di Tabanan. Hasil seleksi menghasilkan 12 grup band yang berhak tampil di depan publik pecinta musik Tabanan. Para juara terdiri atas Equivalen Band sebagai juara I, Emeral Band (juara II) dan Stupa band (juara III).

Selain itu, Festival IKIP Saraswati Tabanan ini juga menghasilkan, vokalis terbaik dari Stypa Band, Gitaris Terbaik (Equivalen), Basis Terbaik (Equivalen), Drumer Terbaik (Emeral) dan Band Favorit (Stupa). Acara ini juga dimeriahkan trio dancer SMA Saraswati I Tabanan (Juli, Esti, dan Widya), bintang tamu, band 4 WD, dan grup band lainnya yang mampu menyedot kawula muda di Tabanan. ( dikutip dari Bali Post )

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: