Hormon pada tumbuhan ( Fitohormon )


BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Makhluk hidup selalu mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pertumbuhan adalah proses kenaikan volume yang bersifat irreversible (tidak dapat balik) karena adanya penambahan substansi termasuk di dalamnya ada perubahan bentuk yang menyertai penambahan volume tersebut. Sedangkan perkembangan adalah proses menuju kedewasaan pada makhluk hidup yang bersifat kualitatif yaitu makhluk hidup dikatakan dewasa apabila alat perkembangbiakannya telah berfungsi. Seperti pada tumbuhan apabila telah berbunga maka tumbuhan itu sudah dikatakan dewasa. BACA SELENGKAPNYA KLIK  DISINI

46 Tanggapan to “Hormon pada tumbuhan ( Fitohormon )”

  1. Ahyuequeen Chuaynk Dasricanpisforever Says:

    bgus… n kata2x,,, n gmbarx da,,, tp bs lbih,,,
    d tmbh lg,,,,tntng fitohormonx,,,,
    mkcih

    • supeksa Says:

      yups mkasi komentar n masukannya. nanti akan dtambah gmbr2..n penjlasanna

  2. Ego Says:

    Makalah yg sangat bagusss,,.. sangat membantu kami dlm menyelesaikan tugas sekolah,..!!

    • supeksa Says:

      Terimakasih atas kunjungan dan komentarnya. Senang kalo bisa membantu. :)

      • nadia rifkha kamalia Says:

        <=) \o/ ^:D

  3. Nabila Imoedz Says:

    ga bissa lbihh ringkas,,,??.ni contohny
    (Hormon Auksin:

    Auksin adalah zat yang di temukan pada ujung batang, akar, pembentukan bunga yang berfungsi untuk sebagai pengatur pembesaran sel dan memicu pemanjangan sel di daerah belakang meristem ujung. Hormon auksin adalah hormon pertumbuhan pada semua jenis tanaman.nama lain dari hormon ini adalah IAA atau asam indol asetat. Letak dari hormon auksin ini terletak pada ujung batang dan ujung akar.

    • Sitokinin:

    Sitokinin dapat ditemukan pada jaringan yang membelah.

    Sitokinin yang ditemukan pertama kali adalah kinetin. Sitokinin yang

    terdapat pada Zea mays adalah zeatin. Fungsi sitokinin adalah

    merangsang pembelahan sel, merangsang pembentukan tunas pada

    batang maupun pada kalus, menghambat efek dominansi apikal, dan

    mempercepat pertumbuhan memanjang

    • Giberelin:

    Fungsi giberelin adalah merangsang pembelahan sel serta

    merangsang aktivitas enzim amylase dan proteinase yang berperan

    dalam perkecambahan. Giberelin juga merangsang pembentukan

    tunas, menghilangkan dormansi biji, dan merangsang pertumbuhan

    buah secara parthenogenesis.

    • Asam absisat:

    Tidak semua hormon berfungsi untuk memacu pertumbuhan,

    sebab ada juga yang menghambat pertumbuhan, yaitu asam absisat.

    Fungsi asam absisat adalah menghambat pembelahan dan pemanjangan

    sel, menunda pertumbuhan atau dormansi, merangsang

    penutupan mulut daun di musim kering, dan membantu peluruhan

    daun pada musim kering.

    • Kalin:

    Berfungsi merangsang pebentukan organ tumbuhan. Hormon ini dibedakan atas rizokalin (pembentukan akar), kaulokalin (pembentukan batang), filokalin (pembentukan daun), antokalin/florigen (pembentukan bunga

    Gas Etilen:

    Mendorong pematangan; memberikan pengaruh yang berlawanan dengan beberapa pengaruh auksin; mendorong atau menghambat pertumbuhan dan perkembangan akar, daun, batang dan bunga.

    Tempat dihasilkannya: Buah yang matang, buku pada batang, daun yang sudah menua.

    • Asam traumalin:

    Berfungsi merangsang pembelahan sel – sel di bagian tumbuhan yang luka sehingga bagian luka bisa tertutup

    • Asam jasmonat:

    Fungsi asam jasmonat adalah mengahambat pertumbuhan beberapa bagian tumbuhan tertentu dan sangat kuat mendorong terjadinya penuaan daun.

    Fungsi poliamina adalah sebagai re- gulator bagi pertumbuhan tanaman.

    Fungsi salisilat adalah untuk memperpanjang daya keawetan. Biasanya digunakan pada buah untuk mencegah jamur dan pada sayuran untuk mencegah hama.

    • Steroid:

    Hormon steroid berasal dari kolesterol dan berstruktur inti perhidrosiklopentanolfenantren yang terbagi atas tiga cincin sikloheksana. Senyawa steroid terdapat pada hewan, tanaman tingkat tinggi bahkan terdapat pula pada beberapa tanaman tingkat rendah seperti jamur (fungi).

    )

    • supeksa Says:

      @ nabila : sebenarnya bisa aja bahkan kalo aq mau . bisa ja lbi singkat dari yang kamu buat . biar kaya power point . tpi. ni makalah dan sengaja diperpanjang. hehe

      tpi bgus juga saranmu. bisa menjadi ringkasan yang bagus.. :)

  4. rilman Says:

    penjelasan anda sangat menarik dan terperinci tapi saya masih merasa bingung apa kegunaan sitokinin bagi tukang bunga ,
    Masalahnya ialah kenapa bisa sitokinin membuat bunga tetap segar meski telah dipotong dari pohonnya??? pemahaman saya sitokinin kan mencegah penuaan ,, bagaimana bisa mencegah layunya bunga, logika saya ialah pastinya sel tumbuhan akan kekurangan air dan cepat atau lambat pasti akan mati karna tdk mampu berfoto sintesis ,jika hanya pencegah penuaan mana mungkin bisa mencegah tumbuhan untuk bertahan hiduap sedikit lebih lama , kan sitokinin mencegah penuaan dengan meregenerasi sel sel baru tumbuhan!! regenerasi memerlukan banyak energi dimana tumbuhan yang sudah lemah mampu menghasilkan energi bila sudah tidak mampu berfotosintsis

    menurut saya yang relatif lebih cocok dipakai penjual bunga memyegarkan tanaman yang sudah dipotong dari pohonnya ialah asam absisat dikarnakan asam absisat akan menutup stomata saat kondisi mulai kering dan mencegah kekurangan air yang berlebih akibat transpirasi melalui stomata,

    dengan air yang masih tersisa tumbuhan masih akan tetap hidup relatif agak lama,

    sedangkan sitokinin hanya mencegah penuaan dan … bukan berarti mengurangi kehilangan air pada tumbuhan itulah sebabnya tumbuhan akan tetap layu akibat kekurangan air

    DEMIKIANLAH KOREKSI SAYA >>> MOHON MAAF JIKA ADA KEKURANGAN maklum saya hanya anak sma ……. terima kasih atas perhatiannya atas koreksi ini

    SAYA mohon PENDAPAT dari SAUDARA kar na saya masih bingung akibat ada beberapa buku yang saya baca saling:: menukar fungsi atara sitokinin dan asam absisat bagi kesegaran bunga..yang dijual penjual bunga

    SAYA MOHON DENGAN SANGAT UNTUK DIBALAS :::::;

    • supeksa Says:

      @ rilman : saya berterimakasih ada pertanyaan yang begitu spesifik dan sangat bagus. ok. baiklah mungkin hanya sedikit yang saya jelaskan : jadi inti pertanyaan anda mengapa sitokini yang dipakai penjual bunga bukan asam absisik -?. cara sitokinin berperan menghambat proses penghancuran butir2 klorofi pada daun yang terlepas dari tanaman dan menghambat proses senescence pada daun buah bunga dan organ lainnya. jadi tanaman yang sudah terpotong tersebut akan bertahan lebih lama dan lebi awet. bukan berati terus2an awet

      sedangkan asam absisik walaupun dapat memacu penutupan stomata itu karena selssel penjaga sudah kehilangan air duluan baru dia menutup. jadi hanya menghemat sedikit padahal sudah bnyak air yang keluar sebelum stomata menutup. dan juga jika asam absisik sudah meningkat itu akan mempengaruhi dan memperbanyak etilen yaitu zat yang bisa merusak polaritas sel dan transpor. makanya tumbuhan akan lebi cepat proses penuaannya atau mempercepat pengguguran .

      maka dari itulah si penjual bunga menggunakan sitokinin. bukan asam absisik

      semoga penjelasan ini bisa membantu. untuk komentar anda merupakan salah satu yang terbaik :) jika masi ragu silahkan tanyakan lagi. pasti saya balas

  5. humairah Says:

    hormon apa yang digunakan untuk menghambat pertumbuhan biji pada buah semangka ?

    • supeksa Says:

      @ humairah : yang digunakan menghambat perkecambahan . adalah asam absisik atau asam absisat. usahakan jangan sampai terkena hormon giberelin. karena giberelin menghilangkan efek hambatan dari asam absisat .

  6. unique Says:

    terima kasih atas penjelasannya sangat bermanfaat

    • rilman Says:

      trima kasih atas jawabannya

      • supeksa Says:

        @ rilman : sama2 senang bisa berbagi … :)

  7. mursyid al amin Says:

    mengapa smua tumbuhan lbih cpt tumbuh d’t4 gelap dibndingkn d’t4 terang.??

    • supeksa Says:

      @ mursyid al amin : pemacu pertumbuhan dan perpanjangan sel pada tumbuhan serta koleoptil dan batang adalah hormon auksin yang terdapat pada meristem apikal. auksin akan bekerja lebih cepat di tempat yang agak gelap atau sedikit terkena sinar. jadi tumbuhan lebi cepat tumbuh pada daerah yang gelap

  8. nila Says:

    Hormon pa yg bkrja slg brlwann?
    Sy kurg mngrti dgn mklh yg klian buad,krn trllu pjg..jd mnurt sy sult utk dimgrti.
    Mnurt sy biar pendek aslkn mudh dimengrti.

    • supeksa Says:

      ok klo bgitu sya jwb pendek juga.

      yg bekerja berlawanan ada pemacu pertumbuhan (regulator)antara lain auksin giberelin. sitokinin. dan etilen . dan ada penghambat pertumbuhan (imhibitor) adalah asam absisat. asam fenolik

      q harap anda mengerti jawbn singkat saya :)

  9. nila Says:

    Oke,trma ksh byk atz jwbn ny.:-):-D

    • supeksa Says:

      yoa… hehe :D

  10. louise indah utami Says:

    mau tanya, kalau macam-macam kelainan hormon pada tumbuhan apa saja ya? tolong di balas secepatnya ya, saya ucapkan terima kasih

    • supeksa Says:

      untuk sekarang, kelainan hormon pada tumbuhan belum saya ketahui,

      tetapi ada 2 kemungkinan yang menyebabkan kelainan pada hormon tumbuhan. yaitu kelebihan hormon dan kekurangan hormon

      misalnya. kelebihan hormon auksin. nah, kalau auksin dalam normalnya akan membantu perpanjangan pada tumbuhan. jika berlebihan. tumbuhan akan terus memanjang, dan menyebabkan pembelahan sel tidak terkendali, sehingga kecepatan semua sel membelah sangat cepat sedangkan nutrisi tidak ada yang masuk ke sel tumbuhan tersebut . maka tumbuhan tersebut cepat mati. jika kekurangan, pembelahan sel lambat sehingga tumbuhan tersebut kerdil.

      contoh jika kekurangan. etilen. buah2an memerlukan etilen agar bisa cepat matang. jika kurang buah2an tidak akan pernah matang atau masak. jika etilen berlebihan. buah yang kecil cepat matang dan nilai ekonomis juga kurang. biasanya cepat busuk

      mungkin hanya itu contoh dari saya . ketut supeksa. jika ada kekurangan mohon dimaklumi karena keterbatasan kemampuan saya . coba cari juga referensi buku. ok . semangat.

      • louise indah utami Says:

        oh gitu ya, terima kasih atas bantuannya dalam mengerjakan tugas sekolah saya. sekali lagi saya ucapkan terima kasih

      • supeksa Says:

        sama2. smoga tugasmu cpat slesai. snang bisa saling berbagi

      • louise indah utami Says:

        iya :)
        terima kasih,

  11. Nian Rima Says:

    mau tanya dunk..
    bagaimana dengan buah yang sudah masak secara fisiologis jika disemprotkn dengan hormon sitokinin,,buah tersebut kan sudah memproduksi hormn etilen karena sudah mengalami penuaan sedangkn sitokinin tadi dapat menghambat penuaan.

    • supeksa Says:

      gini. hormon sitokinin akan meningkatkan kinerja hormon auksin yang ada di dalam buah tersebut, dan hormon auksin akan memperlambat kinerja etilen. sehingga bertahan beberapa waktu, tetapi kayaknya tidak bisa terlalu lama karena sudah matang. kecuali yang masih agak muda.

      itu menurut saya. jika ada kesalahan mohon dimaklumi hehe :) .

  12. icua Says:

    Thank’s all..gan..

    • Ketut Supeksa Says:

      sama2

  13. luluk Says:

    Bagaimana pengaruh pemberian Giberelin secara eksogen yang di tambahkan pada biji yang tidak meimilki endosperm? misalnya pemberian Giberelin pada tanaman anggrek yang dibudidayakan secara in vitro?

  14. Ayu.riskika Says:

    Oh ya kak,,,mau tanya ni…
    Kak saya mau buat baju dari daun kbtln ada tampilan2 gtu dskul..
    Jadi ayu mau tanya,daun apa yang lama tua atw kering nya ketika sudah kita petik…

    • Ketut Supeksa Says:

      Tergantung km suka tampilannya, jika ingin agak coklat munkin yang keringnya bagus…. cuma sran aja hehehe

    • Ketut Supeksa Says:

      Sebenarnya semua mudah atau cepat kering , tapi daun manggis lebih tahan karena memiliki tekstur yang tebal, yang tahan dari penguapan

  15. Rara Says:

    Thanks atas infonya,,,,

  16. Innasweat Says:

    MAU TANYA,TEMPAT DIHASILKAN HORMON PA TUMBUHAN DIMANA

    • Ketut Supeksa Says:

      terbentuk dari jaringan non-spesifik (jaringan tidak ditentukan ) tetapi terbentuk di sekitar jaringan meristematik dan itu jika terkena rangsang seperti rangsang cahaya atau kimia dan rangsang lainnya

  17. -Umiie- Says:

    kunjungan perdana
    terimakasih infonya ya :)

  18. tama sari Says:

    wah lengkap banget
    thanks yah kak bisa mau menjelaskannya secara rinci
    aku jadi gak sulit ngerjain tugas sekolah
    thanks ya skali ge…

    • Ketut Supeksa Says:

      sama.- sama :0

  19. agus Says:

    ?kalo gua mau bilang sih ini tuh trllu panjang gua ga baca smpe abiz pusing mta ku baccainnya tolong di ringkas sedikit

  20. jamal Says:

    persamaan antara tiga hormon tsb apan ya?

  21. danoe Says:

    hormon apa yg paling tepat utk pertumbuhan tanaman tebu?

  22. azhari Says:

    saya meninginginkan tanaman kedelai yang dapat berproduksi secara optimal, untuk pemakaian hormon, kira2 hormon apa yang saya pakai, berapa konsentrasi dan dosis pakainya

  23. lia fadhliah Says:

    bagaimana pengaruh auksin terhadap peluruhan buah..

  24. rasyarayhan Says:

    mhon maaf bli,, apa efek penyemprotan giberellin pada tanaman semangka dan tanaman padi? kapan waktu penyemprotan yang bagus? (usia brp tanaman dsemprot)

  25. tahank Says:

    saya dpt dipasaran produk yg mengandung Giberellin saja ada juga yg mengandung Giberellin,auxin,sitokinin. Bisakah sy padukan pemakaianny utk tanamn melon dan semangka saya,, (rencananya yg giberellin to akan sy pake dimasa awal dan yg giberellin,auxin dan sitokinin akan sy pake dimasa jelang berbunga,,,sdah bnarkah itu? mhon infony)


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

%d blogger menyukai ini: