Fisiologi tumbuhan dan 10 konsep dasarnya


A. Pengertian fisiologi tumbuhan

Fisiologi tumbuhan adalah merupakan ilmu yang mempelajari fungsi tumbuhan ; apa yang terjadi pada tumbuhan hingga mereka itu hidup.

Fisiologi merupakan salah satu bidang ilmu biologi yang mempelajari proses hidup organisme, sering memiliki proses yang sama atau mirip satu sama lain. Ilmu fisika, kimia dan matematika merupakan
bidang-bidang ilmu di luar biologi yang peranannya sangat penting dalam mempelajari fisiologi modern secara khusus maupun biologi secara umum.

B. 10 konsep dasar fisiologi tumbuhan

Disebut juga 10 postulat yang dikemukakan berisi tentang sains pada umumnya dan tentang fisiologi tumbuhan pada khususnya. Adapun 10 postulat tersebut antara lain :

1. Seluruh fungsi tumbuhan dapat dipahami dengan dasar prinsip fisika dan kimia.

2. Para ahli botani dan fisiologi tumbuhan juga mempelajari anggota dari empat diantaranyga lima dunia organisme yang baru-baru ini dikenal oleh banyak ahli biologi.

3. Sel merupakan satuan kehidupan. Semua organisme hidup terdiri dari sel yang memiliki nukleus yang terbungkus membran atau struktur serupa tetapi tanpa membran. Tak ada kehidupan dalam satuan yang lebih kecil dari pada sel. Sel hanya terjadi dari pembelahan sel yang ada sebelumnya. ( pernyataan tersebut dikenal sebagai teori sel ).

4. Sel eukariot terdiri dari organel yang terbungkus membram misalnya kloroplas, mitokondria, nukleus dan vakuola, sedangkan sel prokariot terdiri dari organel tanpa membran.

5. Sel dicirikan oleh adanya makro molekul khusus seperti pada pati dan selulosa yang terdiri dari ratusan sampai ribuan gula atau molekul lain. Pada beberapa makro molekul seperti lignin, gugus molekulnya bisa berulang atau dijumpai di sana sini pada molekul pembangun.

6. Sel juga dicirikan oleh adanya molekul makro seperti protein dan asam nukleat ( DNA dan RNA ). Yang tersusun sebagai rantai dan terdiri dari ratusan molekul sederhana dari 20 jenis asam amino penting dan empat atau lima jenis nukleotida dalam asam nukleat ). Rantai ini terdiri dari bagian yang panjang-panjang dengan urutan tak berulang yang terpelihara dan mengganda ketika molekul-molekul itu diperbanyak.

7. Pada organisme multisel, sel tersusum membentuk jaringan dan organ. Sel dalam organisme multi sel tidaklah sama, sering mempunyai fungsi yang berbeda satu sama lain.

8. Organisme hidup adalah struktur yang tumbuh sendiri.

9. Organisme tumbuh dan berkembang di lingkungan dan berinteraksi dengan lingkungannya atau organisme sesamanya melalui banyak cara.

10. Pada organisme hidup seperti halnya pada mesin, merupakan stsuktur yang sangat erat kaitannya dengan fungsi.

Itulah artikel singkat saya tentang pengertian fisiologi tumbuhan dan 10 / sepuluh konsep dasar fisiologi tumbuhan disebut juga 10 postulat. Jika ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaklumi, karena
keterbatasan kemampuan saya. Akhir kata saya ucapkan terimakasih. Posting berikutnya pasti juga berhubungan, kunjungi terus blog saya. Om santih santih santih om.

Hadiah untuk para pengunjung karena telah membuka blog ini maka akan saya berikan alamat website yang dikunjungi paling banyak dan mungkin sangat berguna, 1 2

Ditulis dalam Uncategorized. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Fisiologi tumbuhan dan 10 konsep dasarnya”

  1. Cikha Says:

    sangat membantu, makasih😀


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: