Reaksi terang dan reaksi gelap



Fotosintesis meliputi dua tahap reaksi, yaitu reaksi terang dan reaksi gelap. Tahap reaksi terang merupakan tahap fotosintesis yang mutlak memerlukan cahaya. Cahaya diabsorsi oleh pigmen hijau klorofil dan energi yang keluar dari proses eksitasi molekul pigmen ditangkap oleh suatu senyawa fosfat menjadi senyawa fosfat berenergi tinggi ( ATP ). Pada tahap ini diperlukan senyawa donor elektron yaitu H2O, yang melalui proses fotolisis menghasilkan selain elektron juga oksigen ( O2 ) yang dilepaskan. Tahap reaksi gelap, tidak mutlak haus ada cahaya, namun dapat pada keadaan gelap ataupun cahaya. Tahap ini merupakan sintesis kalbohidrat melalui serangkaian reaksi kimia ( siklus calvin ) dari senyawa awal CO2.

Jadi, pada keseluruhan reaksi fotosintesis CO2 + H2O -> karbohidrat ( C6H12O6 ) + O2. H2O diperlukan pada fotosintesis terang sebagai donor elektron yang akan menghasilkan O2, dan CO2 digunakan dalam reaksi gelap membentuk karbohidrat ( C6H12O6 ).

Diatas adalah artikel tentang proses reaksi terang dan reaksi gelap. Atau disebut juga tahapan reaksi dalam fotosintesis. Jika ada kesalahan maupun kekurangan mohon dimaklumi karena keterbatasan kemampuan saya. Bye … Artikel berikutnya tentu berhubungan. Kunjungi terus blog ini ya.

Hadiah untuk para pengunjung karena telah membuka blog ini maka akan saya berikan alamat website yang dikunjungi paling banyak dan mungkin sangat berguna, 1 2

Ditulis dalam Uncategorized. 1 Comment »

Satu Tanggapan to “Reaksi terang dan reaksi gelap”

  1. 2ipapgsd Says:

    […] –          https://supeksa.wordpress.com/2011/10/15/reaksi-terang-dan-reaksi-gelap/ […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: