Go green selamatkan dari pemanasan global


Go green teman-teman. Hehe .Nah teman-teman, kerasa tidak kalau sekarang dunia sudah semakin panas ? Keadaan bumi kita sudah berubah, tidak seperti dulu lagi kalau dulu pas masih kecil ni, senang sekali keluar pas siang hari dan bermain-main di bawah pepohonan yang rindang, segar sekali, apa lagi jika membaca atau belajar di bawah pohon. Siang hari tidak akan terasa begitu panas, malam hari pun dingin menyegarkan. Sudah rasakan keadaan sekarang ?

Sekarang dunia kita memanas. Banyak orang mengeluh-ngeluhkan ” pemanasan global ” ku bertanya-tanya apa artinya ? Kalau menurut saya bahwa arti dari pemanasan global adalah kenaikan suhu bumi di seluruh bagian belahan dunia. Mengapa bisa terjadi ya ? Hmhm nah ini yang saya tidak ketahui, ada yang tau tidak ? Tolog kasi tau ya…….šŸ™‚ . Kalau di lihat-lihat apa si yang menjaga keseimbangan suhu di dunia ini, yang dapat menjaga keseimbangan adalah tanaman. Mengapa ? Tanaman ( khususnya tumbuhan hijau ) . Dapat mengeluarkan oksigen ( O2 ).

Tanaman dapat mengeluarkan oksigen dari hasil fotosintesis. Ni reaksinya

6CO2 + 6H2O ->dibantu sinar matahari-> C6H12O6 + O2 .

terlihat dari reaksi diatas, tumbuhan memakai gas karbon dioksida dan air berfotosintesis dengan dibantu oleh sinar matahari menghasilkan C6H12O6 dan oksigen.

Tumbuhan menghasilkan oksigen. Tetapi pertanyaannya apa tumbuhan tidak menggunakan oksigen. Pada suatu kelas ada pertanyaan ini . Saya tegaskan bahwa tumbuhan juga menggunakan oksigen. Terus oksigen di ambil lewat apa ? Jawabnya oksigen diambil dalam bentuk gas karbon dioksida ( CO2 ). Lihat reaksinya CO2 terdiri dari C dan O2 . Bagaimana ? Sudah tau kan sekarang bahwa tumbuhan selain menghasilkan oksigen, tumbuhan juga memerlukan oksigen.

Nah apa hubungannya dengan go green atau penghijauan dunia ? Terlihat bahwa sekarang tanah tidak lagi ditanami tanaman dan tumbuhan, banyak tanah sudah ditanami beton-beton. Hutan-hutan ditebang, villa banyak, tapi sadar tidak bahwa tanaman berkurang menyebabkan : oksigen berkurang, lapisan ozon berkurang, penahan sinar ultraviolet tidak akan kuat, kita akan cepat terkena kanker.

Penyebab yang lain adalah rumah-rumah kaca, ini dapat memantulkan cahaya panas, sehingga bumi pun memanas, apa efeknya bagi dunia, dunia juga punya AC alami, yaitu kutub yang diselimuti es. Karena bumi panas yang tidak terelakkan es sudah mulai mencair, bayangkan beberapa tahun ke depan, es mencair sehingga air permukaan naik. Lama kelamaan pulau atau benua sekalipun akan tertutup air, hayo kemana kita tinggal ? Apa kita bisa melayang atau kita ke planet lain.

Nah teman-teman , mari kita hijaukan dunia ini. O ya mengapa ozon berkurang ? Hehe hampir lupa bahasnya. Ozon ( O3 ) liat O3. Ozon berkusang karena oksigen / O2 sebagai pembentuk ozon berkurang. Sedangkan O2 ada dari hasil fotosintesis. Maka dari itulah, mari kita tanam tumbuhan, terutama tumbuhan hijau, walaupun bukan tanaman besar minimal tanam cabai atau bunga. Lumayan kan cabai bisa diunakan sambel. Bunga indah. So mari tanam pohon.

Teman-teman ayolah sayangi bumi kita, supeksa juga tanam pohon pisang dan kelapa . Lumayan kan . Hehe. Oya sekian dulu, buka terus https://supeksa.wordpress.com dan perkenalkan web baru supeksa http://www.supeksa.tk , baru belajar ngeweb. Bye. Go green

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: