Mengenal tokoh , Prof. Dr. Sang Putu Kaler Surata, MS


Prof. Dr. Sang Putu Kaler Surata, MS adalah seorang guru besar dalam mata kuliah Ekologi, dosen tetap Kopertis Wilayah VIII yang diperkerjakan pada Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mahasaraswati Denpasar. Beliau memiliki ketertarikan pada pengembangan etnosains terutama yang terkait dengan aspek ekologi-sosial ( yaitu aspek ekologi yang terkait erat dan berakar pada aspek sosial ). Indonesia, khususnya Bali memiliki berbagai bentuk ekologi-sosial yang perlu ditengah secara cermat untuk dijadikan inspirasi dalam pengelolaan lingkungan yang berwawasan global tetapi berdimensi lokal. Salah satu buku yang dibuat oleh beliau ” Ekologi Umum ” untuk mengantarkan para pembaca tentang perspektif kokal dalam mempelajari konsep-konsep ekologi yang menggunakan ilustrasi umum, sehingga konteks lokalnya yang sulit dapat dicermati oleh pembacanya.

Beliau memiliki pengalaman melaksanakan penelitian di tingkat nasional dan internasional. Pada tingkat nasional, telah menerima hibah penelitian dari Direktorat Peneilitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ( DP2M ), Dirjen Dikti Depdikas dalam bentuk skim penelitian hibah bersaing, penelitian fundamental, dan penelitian strategis prioritas nasional. Bahkan penulisan naskah buku ” Ekologi Umum ” ini juga menerima hibah penulisan buku dari DP2M pada tahun 2008 yang lalu.

Pada tingkat internasional beliau bekerjasama dengan John Stephen Lansing ( peneliti dari Santa Fe Institut, Amerika Serikat ) dalam melakukan penelitian ekologi subak di Bali, pelacakan distribusi ras Austronesia ( mulai dari Kalimantan, Sumatera , Jawa, Bali sampai ke Flores ), dan perubahan perilaku suku tradisional di Kalimantan.

Sejak tahun 2007, atas inisiatif Prof Surata dan Ian Falk ( Charles Darwin University, Australia ) dibentuk kemitraan Australia-Indonesia dalam pengelolaan ketahanan hayati. Kemitraan yang diberi nama
Australian-Indonesian Community Management ( AusIndo BIOCOM ). Pada saat sekarang telah melibatkan berbagai institusi di kedua negara. Terkait dengan kemitraan tersebut, beliau telah mempresentasikan kajiannya baik di Indonesia ( Denpasar, Makasar, Salatiga, Kupang ), malaysia ( Kuala Lumpur ) , dan Australia ( Darwin, Melbourne , dan Brisbane ).

Itulah artikel singkat saya ( ketut supeksa ), yang saya kutip langsung dari cover belakang buku ” Ekologi Umum ” karangan beliau ” Prof. Dr Sang Putu Kaler Surata, MS ” , maaf awalnya tidak isi titelnya , karena tidak dicantumkan dan saya juga tidak tau, takut salah hehešŸ˜€ . Yang diterbitkan oleh ” Pelawa Sari “. Jika ada kesalahan maupun kekurangan mohon dimaklumi sekian dan terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: