Bahaya Rokok bagi kesehatan dan seruan untuk perokok


Merokok sangat berbahaya bagi kesehatan, karena orang merokok berpeluang besar terkena kanker paru-paru, kanker tenggorokan, kanker lidah, emfisema, dan bronkitis. Merokok juga menyebabkan saluran pernafasan kronis, kadang-kadang dikagtkan dengan hilangnya nafsu makan, rasa mual, nafas pendek, ketidak teraturan detak jantung dan sering menyebabkan umur lebih pendek. Kenapa bisa gitu ??? Pertanyaan tu sering muncul, jika dijawab dibalas dengan ” masak sich ” ah biarin ja . Tetapi bisa saya kasi tau kalau dalam asap rokok terdapat tiga bahan utama yang paling berbahaya bagi kesehatan. Bahan tersebut antara lain :

1. Nikotin : taukan kamu ??? Nikotin adalah salah satu dari jenis bahan Narkoba, jadi merokok sama saja mengkomsumsi narkoba.

2. Tar : sejenis limbah yang pekat dan sulit dibersihkan, ini bisa berikatan di saluran pernafasan bahkan di alvelus sehingga kemanpuan dalam mendifusi oksigen dan karbondioksida berkurang dalam pertukaran gas.

3. Asap : pembakaran yang tidak sempurna, maksudnya jika pembakaran sempurna yaitu oleh oksigen yang menghasilkan karbon dioksida. Tetapi pada rokok kan tidak sempurna maka yang dihasilkan yaitu CO ,karbon monoksida yang sangat berbahaya dan mampu berikatan dengan hemoglobin darah. Ikatan karbon monoksida ini lebih kuat dari ikatan oksigen, sehingga orang yang bernafas tidak bisa menghirup oksigen. Gimana bahaya kan,.,?

4. Menambah polusi udara : ok kalau dilihat dari asap sebatang rokok memang tidak terlalu banyak, tapi coba hitung berapa perokok yang ada. Jutaan bahkan milyaran orang di bumi, tambahkan berapa asap rokok yang terkumpul. Banyak kan ??

Selain dari diatas yang saya sebutkan tadi, tau bahaya rokok lain ??? Bahaya kemiskinan, kok bisa ?? Lihat para perokok, membakar-bakar uang . Apa itu bisa dimakan ? Tentu tidak kan ?? Yang ku lihat para perokok rela tidak makan agar bisa membeli rokok, coba uang ini gunakan membeli makanan, kenyang kan perut. Ya para perokok tentu saja sulit menghentikan, karena dalam rokok menggunakan tembakau, apa yang terdapat disana ? Ada nikotin yang sejenis opium yang membuat ketagihan, ( seperti yang saya bilang diatas ). Jadi orang yang sudah menghisap nikotin ini akan tercampur dengan darah, jika kekurangan maka akan timbul perasaan tidak enak, tidak nyaman, emosi
meledak-ledak, dan lainnya. Maka itu orang perokok terus ketagihan, ada anggapan di masyarakat ” tidak merokok tidak hidup “. Anggapan yang menyesatkan.

Tolonglah untuk para peokok , pas anda merokok jangan di tempat umum, jangan disamping anak-anak, mau tau anda sungguh tidak adil, jika anda merokok terus orang yang tidak merokok ikut kena dampaknya, saya tidak melarang anda merokok.., silahkan, tapi jauh-jauhlah anda pas sedang merokok.

salam dari supeksa, yang telah merasakan dampak, menghirup asap rokok walau saya sama sekali tidak merokok. Semoga saya tidak apa-apa. Pesan terakhir untuk para perokok ” menikmati kepuasan boleh, tapi jangan rugikan orang lain diatas kenikmatan anda sendiri”. Bye😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: