Hari raya nyepi : the silent day


Hari raya nyepi ( the silent day ) adalah hari sepi, meyepi dan merupakan hari paling tenang, nyaman dan damai di dunia. Apa si hari raya nyepi ?? Hari ini adalah hari penyucian alam. Hari ini
diperingati umat hindu setiap satu tahun sekali… Ingat satu tahun kalender bali dengan internasional berbeda., 1 tahun pada kalender bali adalah 420 hari. Jadi hari raya nyepi diperingati setiap 420 hari sekali. Yaitu pada penanggal apisan sasih kedasa, nah artinya tanggal 1 pada sasih kedasa . Kalau di bulankan , tanggal 1 pada bulan ke-10 kalender bali.

Apa yang dilakukan pada hari raya nyepi ? Nah sebelum jawab itu ku bahas dulu tahapannya :
1. Melasti
2. Tawur kesanga : Pengrupukan
3. Nyepi
4. Ngembak geni.

Kita bahas youk, tahapannya, lumayan… Sambil mengingat pelajaran agama pada waktu smp ato sma.
1. Melasti
Ingat lagunya Agung Raka Sidan gax ? Yang isi liriknya ” melasti karya suci ” wah yang lainnya lupa hahaha. Melasti awal dari dodonan penyepian, Melasti sering disebut dengan Melis atau Mekiis. Upacara melasti ini dilakukan pada pengelong 13 sasih kesanga (tepatnya traodasa kresnapaksa sasih IX) 2 hari sebelum nyepi. Pada upacara melasti ini dilakukan pensucian atau pembersihan segala sarana atau prasarana persembahyangan. Alat-alat atau sarana persembahyangan yang dibersihkan antara lain adalah: pratima dan pralingga. Sarana-sarana ini selanjutnya diusung ke tempat pembersihan seperti laut (pantai) atau sumber mata air lain yang dianggap suci, sesuai dengan keadaan tempat pelaksanaan upacara (desa, kala, patra). Tujuan dari upacara melasti ini adalah untuk memohon tirtha amerta sebagai air pembersih dari Hyang Widhi.bertujuan mencari tirta penyucian dan memohon penganugrahan dari Tuhan (Ida Sang Hyang Widhi Wasa).

2. Tawur kesanga : Pengrupukan
nah setelah melasti ato meminta tirta kesucian dan penganugrahan lanjut ke acara tawur kesanga / pengrupukan. adalah pembersihan, ato istilahnya mengembalikan para Buta Kala ke alamnya, tujuannya agar para Buta tidak mengganggu manusia mengadakan acara penyepian. Pada upacara tawur ini dilakukan persembahan kepada para bhuta berupa caru. Caru ini dipesembahkan agar para bhuta tidak menurunkan sifat-sifatnya pada pelaksanaan hari raya nyepi. Hal ini juga bertujuan untuk menghilangkan unsur-unsur jahat dari diri manusia sehingga tidak mengikuti manusia pada tahun berikutnya. Upacara tawur kesanga ini sering juga disebut dengan upacara pecaruan dan juga tergolong upacara bhuta yadnya. Biasanya para pemuda bali dengan mengarak ogoh-ogoh keliling kampung atau kota sebagai simbul Butha Kala.

3. Nyepi
nyepi , merupakan dimana hari umat hindu di bali . Nah pada nyepi ada 4 yang wajib dilakukan yang disebut dengan Catur Bratha Penyepian, biar tidak penasaran langsung saja :

a. Amati geni
yang artinya tidak menghidupkan api, tidak menggunakan lampu atau penerangan. Maknanya adalah kita menyimpan energi atau tidak menggunakan energi, jadi dengan adanya ini otomatis akan menghemat energi, tidak membuat polusi. Coba bayangkan jika seluruh dunia melakukan nyepi ini ( silent day ) berapa energi yang dapat kita simpan, berapa polusi yang dapat kita kurangi. Alam akan terasa sejuk tanpa ada asap pabrik atau kendaraan.

b. Amati karya
artinya tidk bekerja. Hidup adalah untuk bekerja, tanpa ada bekerja alam ini akan terdiam, coba jika bumi tidak berputar pada porosnya, kita akan terdiam. Nah apa makna amati karya ?? Maknanya bkan brarti tidak kerja, tapi “ISIRAHAT” di hari nyepi ini kita diberikan untuk beristirahat ditengah kepenatan, coba kita bekerja tiap hari secara terus menerus apalagi pekerja keras.

c. Amati lelungan
artinya tidak boleh maen, bepergian, lancong. Apa maknanya ? Tidak bepergian otomatis nongos jumah ato tinggal di rumah, kalau tinggal dirumah berarti bersama keluarga, kalau sama keluarga ? Maknanya agar kita selalu rukun , bisa melepas kangen. Misalkan saja keluarga jauh bekerja, maka akan pulang kerumah dan berkumpul. Seneng gax ?

d. Amati Lelanguan
tidak menikmati hiburan.. Maknanya ? Hiburan disini bisa diartikan mencari kesenanan sendiri sedangkan orang lain masi banyak yang susah. Dengan adanya ini kita bisa merasakan masi banya orang susah yang tidak mendapat hiburan.

itu beberapa makna, ini terburu-buru . Maknanya lebi luas dari yang saya sampaikan, maklum kemampuan kurang hehe

nah yang terakhir
4. Ngembak geni,
Didakan setelah hari raya nyepi selesai. Hari ini mulai boleh menxalakan api, boleh bekerja, boleh bepergian, boleh menghibur diri.

Catatan singkat :
Hari raya nyepi pada hakekatnya adalah hari pengekangan hawa nafsu dan intropeksi diri atas segala perbuatan yang dilakukan pada masa lalu. Pelaksanaan hari raya nyepi ini harus didasari dengan niat yang kuat, tulus dan ikhlas tanpa ada ambisi tertentu. Pengekangan hawa nafsu untuk mencapai kebebasan batin memang suatu ikatan tetapi ikatan itu dilakukan dengan penuh keikhlasan.

Mungkin hanya itu dulu, lumayan maaf dikit artikelnya, malam … Ngantuk. Mudah-mudahan nyepi bisa puasa. Oh ya hampir lupa membahas puasa. Puasa hal tambahan yang dilakukan krama bali. Memang tidak diwajibkan atau tidak ada paksaan, tapi memang timbul dari kesadaran sendiri. Tau makna puasa ? Maknanya adalah meraskan penderitaan, kesusahan orang lain. Puasa berati tidak makan dan minum, berarti kita merasan kelaparan orang lain. Kalo bisa puasalah 24 jam.

tadi belum cerita, tadi kan pengrupukan , semua pemuda mengarak ogoh2 . Seru, rame. Belum bahas ogoh-ogoh. Bahas lain kali ok. So kunjungi lagi blogku nanti.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: