KERSOS (Kerja Sosial) FP MIPA IKIP SARASWATI TABANAN 2013 DI PENEBEL


KERSOS (Kerja Sosial) FP MIPA IKIP SARASWATI TABANAN 2013 DI PENEBEL

Hi semua, apa kabar? Semoga kalian baik-baik saja dan dalam lindungan Tuhan Yang Maha Esa/ Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Ingin bercerita, tapi cerita apa yang menarik ya? Nanya lagi kan dah buat judul hehe. Ya de seperti judulnya diatas saya akan menceritakan Kerja Sosial FP MIPA IKIP SARASWATI TABANAN yang mengambil lokasi di Br Penebel Kaja, Desa Penebel, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan-Bali, baseCamp di SD Negeri No 1 Penebel dan SD Negeri No 2 Penebel. Diikuti oleh Seluruh mahasiswa Fakultas Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam IKIP Saraswati Tabanan, Dosen, dan Stap jajaran FP MIPA. Kegiatan diadakan 3 Hari 2 Malam.

KERSOS (Kerja Sosial) FP MIPA IKIP SARASWATI TABANAN 2013 DI PENEBEL

BaseCamp Kersos di SD Negeri I dan SD Negeri 2 Penebel

1. Apa itu KERSOS?
Mungkin ada diantara kalian yang asing mendengar kata KERSOS, aneh belum ada kayaknya di kamus. Hehe. KERSOS merupakan singkatan dari KERJA SOSIAL/ dengan kata lain bisa juga disebut Bakti Sosial (BAKSOS) tergantung dimana kampusnya, lain penyebutannya yang penting maknanya sama.

kersos fp mipa ikip saraswati tabanan 2013

2. Tujuan KERSOS
Padahal saya masi tidak terlalu paham, tetapi menurut apa yang saya dengar dari beberapa dosen yang memberikan sambutan, tujuan KERSOS akan memberikan hal yang positif bagi kita baik sekarang dan yang akan datang. KERSOS merupakan wujud nyata dari TRI DHARMA dalam perguruan tinggi, kalau menurut saya KERSOS salah satu KKN (Kuliah Kerja Nyata) atau tugas riil/nyata kita dalam perkuliahan. Apa saja TRI DHARMA dalam perguruan tinggi? Menurut yang saya baca dari PP No 60 Tahun 1999 ada tiga tugas mulia bagi kita selaku orang yang menempuh jenjang dalam perguruan tinggi/ bangku kuliahan
a. Pendidikan, b. Penelitian dan c. Pengabdian. Yah kalian pasti sudah tau, kan saya tau kalau yang membaca artikel ini adalah orang yang hebat/ intelek. Poin pendidikan, selai kita mendapatkan pendidikan kita juga harus bisa mengaplikasikan maksudnya mendidik orang dengan ilmu yang kita miliki agar lebih berguna. Selama ini kan kita dah belajar. Selama ini kita sebagai anak kuliahan sudah belajar baik dari buku dan ilmu yang diberikan oleh para dosen. Tetapi tau gak sob kalau ilmu itu terus berkembang? Masak ilmu itu, itu-itu saja. Semakin hari ilmu itu terus berkembang ke arah yang lebih besar, baik yang positif dan negatif, tergantunf kita sendiri kalau kita pakai ke arah positif maka akan berguna bagi orang banyak, tetapi jika digunakan ke arah negatif maka bisa menghancurkan orang banyak. Eiit kebanyakan bicara ni hehehe, biar saya tidak dianggap sok….lanjut inti aja ya. Nah sebagai mahasiswa calon guru kita juga harus berkembang dan mengembangkan ilmu itu agar tidak ketinggalan seperti keong hehe. GURU YANG BAIK JIKA BISA MENGARAHKAN MURIDNYA MENJADI LEBIH BAIK, GURU YANG HEBAT ADALAH GURU YANG  MENGARAHKAN MURIDNYA MENJADI LEBIH HEBAT, GURU YANG SUKSES ADALAH GURU YANG BISA MENGARAHKAN MURIDNYA KE PINTU KESUKSESAN (Supeksa, 2013). Saya sekarang si masih jadi mahasiswa, tidak tau apa bisa jadi guru nantinya, saya harap saya bisa jadi guru yang baik, hebat dan sukses. Semoga para intelek yang membaca artikel ini juga memberikan semangat dan doa bagi saya. Suksma.

pembukaan kersos

Point penelitian. Penelitian kalau dilihat dari kata dasarnya adalah “TELITI“ kalau tidak salah artinya cermat, teliti. Kita harus cermat dan teliti dalam berbagai hal, semua harus kita fikirkan sebelum dikerjakan agar hasilnya maksimal. Penelitian merupakan kegiatan penyelidikan, pengumpulan, pemeriksaan, pengolahan, yang berhubungan dengan data, subyek yang dilakukan secara sistematis untuk memecahkan suatu masalah bisa juga menguji analisis. Dah tau kan ? Dalam kersos juga dilakukan hal yang demikian.

Point pengabdian. Kalau ku artikan dalam kegiatan KERSOS adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat, disini kita belajar bagaimana memberikan hal yang positif agar berguna bagi orang banyak. Memberikan contoh yang baik, menjaga hubungan sosial agar terjalin dengan baik. Mungkin hanya itu yang bisa saya bahas mengenai tujuan KERSOS

penari kersos

Tadi sudah membahas mengenai kersos secara umum, mari bahas kegiatan secara khusus. Atau kegiatannya saja. Ok

1. Pra/ sebelum KERSOS
Kersos sebenarnya direncanakan bulan Desember 2012, mundur karena benturan dengan pemantapan dan ujian Sekolah SD. Karena mengambil BaseCamp di sekolah agar kegiatan belajar mengajar tidak terganggu. Dan barulah ditentukan pada 15, 16, 17 maret 2013. Sebelumnya sudah dipersiapkan oleh panitia dan dosen. Semua bentuk penelitian baik di Biologi dan Matematika sudah dipersiapkan ada yang penelitian di kelas dan ada yang di luar kelas. Bahan dan alat pendukung yang akan dibawa pun sudah dipersiapkan. Boleh cerita sedikit gak temen-temen? Penelitian kelompok supeksa tergantung unik dengan menggunakan “KONTRIBUSI PERMAINAN DENGKLENG DALAM PEMBELAJARAN SAINS IPA“. Walau ribet menyusunnya yang penting rampung. Kalau dihitung Dalam fikiranku lebih dari 100 rencana (biar mirip Nara Shikamaru) , tidak ada sumber yang jelas tentang permainannya, ya jadinya membuat metode sendiri, mudah-mudahan hasilnya memuaskan.

Persiapan yang lain, peralatan, baju Kersos, jas Almamater, pakaian adat cukup adat madya, pakaian secukupnya, jaket…disana dingin, obat-obatan bagi yang merasa penting, misalnya alergi dingin, obat sakit kepala, obat luka, harus dibawa….ya kalau saya si tidak,,,,yang penting kesehatan fisik terjaga. Oh ya yang harus dibawa dari lahir yaitu Iman dan takwa harus kuat hehe, eit satu lagi yang paling penting INGAT BAWA DIRI, hehehe. Ada yang lain yang kurang ????

2. Hari pertama
Karena tinggal di Penebel, dekat dari BaseCamp.  Pada hari pertama paginya sebelum berangkat saya masi sibuk di kandang babi. Maklum kalau tidak kerja tidak bisa kuliah dong, hehe.  Tetapi Teman-teman yang lain sudah pagi-pagi berangkat ke kampus,  dari kampuslah mereka berangkat dengan mengendarai BUS TERBUKA nama kerennya alias TRUCK. hehe. Dengan menjaga kontak sama teman, (kalau dah berangkat sms sob). Ya berangkat mulai jam 8. Sampai di baseCamp, ternyata siswa SD masi belum pulang. Sambil becanda sama teman, dan bayangin pas saya masi SD. Dulu pas SD masi jadul, saya sering di kerjain karena kecil dan lemah, but jika sekarang ada yang ngerjain siap-siap aja terkilir, patah atau gig copot hehe. Sekarang lihat anak SD sudah pada kelihatan sopan sama teman, tapi tidak tau juga bagaimana, terkadang yang berbadan besar suka menindas yang kecil. Tenang saja yang suka menindas jauh dari kesuksesan. sempat dengar anak SD sudah ngomongin telepon dan SMS, wih canggih ni, tapi kemampuan kecerdasannya sudah canggih tidak tu? Perlu dipertanyakan.

Semua siswa sudah pulang, saatnya nyari ruangan di kelas. Semua sudah dibagikan ruangan masing-masing, putra dan putri pisah. Kalau tidak pisah ya Danger.🙂 . Semua sudah siap, ruangan bersih. Tapi besoknya akan dikembalikan ke semula digunakan dalam proses belajar mengajar maupun penelitian. Siang hari jadwalnya pengisian bahan bakar dalam proses metabolosme tubuh. Dengan sebungkus nasi buatan dari Sunantaya kalau tidak salah, tapi sepertinya benar. Maklum dari pagi nahan laper. Salah sendiri di rumah belum sempat makan. Bagi yang sudah si dah agak santai Sistem Pencernaannya.

Kegiatan selanjutnya yaitu sembahyang di padmasana (bagi yang hindu) yang lain cukup di kelas. Sembahyang dipimpin oleh mangku disana agar kita diberi keselamatan dalam KERSOS nantinya. Istilahnya kita Mepekeling/ minta izin/ memberi tau kalau kita akan mengadakan kersos dan meminjam tempat sebagai BaseCamp disana. Kegiatan sore hari, Biologi 8 dan 6 menata kebun sekolah, Biologi 2 dan 4, juga Matematika 2, 4, 6 dan 8 tugasnya menanam Pohon/ penghijauan, ingin ikut si tapi dapat tugas di kebun ok, mari berkebun

Sampai di BaseCamp (SD)

(MAAF SAMBUNGANNYA MASIH PROSES)

2 Tanggapan to “KERSOS (Kerja Sosial) FP MIPA IKIP SARASWATI TABANAN 2013 DI PENEBEL”

  1. Ester Says:

    berapaan biaya untuk kersos?

    • Ketut Supeksa Says:

      350 Ribu


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: