Bukti Toleransi Umat Hindu di Bali Dengan Umat Lainnya/ Lain Agama


Bukti Toleransi Umat Hindu di Bali Dengan Umat Lainnya/ Lain Agama

Islam, Budha, Kristen Katolik, Protestan

Bukti Toleransi Umat Hindu di Bali Dengan Umat Lainnya  Lain AgamaPelajari Baik-baik kata-kata ini

Perhatian : Untuk menghindari kesalah Pahaman Baca Sampai Akhir dan jangan stengah-setengah !

Hi teman-teman semua , apa kabar ni ?, semoga dalam lindungan Tuhan (Sesuai kepercayaan masing-masing) , sudah lama kira-kira saya tidak menulis hehehe, hm maunya nonton film di TV, malah melihat berita yaang isinya kekerasan, pencurian, korupsi, dan lain sebagainya, malah pusing lihat beritanya. Aneh-aneh aja sekarang ulah manusia, benar kan ? Pasti yang mengunjungi artikel ini juga ikut merasakannya. Sesuai judul di atas, mari kita merenung sejenak, sekarang masalah kepercayaan pun jadi ikut diperbincangkan. Perlu di catat “Perbedaan itu Indah, Asalkan kita menerima dan menghargai perbedaan“. anda tau arti dari toleransi ?

1. Pengertian Toleransi

parsatuan antara manusia di dunia

Petikan Kitab suci  tentang persatuan

Jadi ingat mengenai pelajaran SD, Orang yang masih duduk di bangku SD saja sudah mengerti dan mengamalkan toleransi, Malu dong kalau sudah dewasa tidak bisa menghargai perbedaan, APA KATA DUNIA ?. Toleransi adalah istilah dalam konteks sosial, budaya dan agama yang berarti sikap dan perbuatan yang melarang adanya diskriminasi terhadap kelompok-kelompok yang berbeda atau tidak dapat diterima oleh mayoritas dalam suatu masyarakat. Contohnya adalah toleransi beragama, dimana penganut mayoritas dalam suatu masyarakat menghormati keberadaan agama atau kepercayaan lainnya yang berbeda. Istilah toleransi juga digunakan dengan menggunakan definisi “kelompok” yang lebih luas, misalnya partai politik, orientasi seksual, dan lain-lain.  Anda mau melihat bahwa Semua kitab dan semua agama itu mengajarkan persatuan ?, lihat disini http://susgati36.blogspot.com/2011/08/blog-post_08.html  .

2. Cara memelihara toleransi, antara lain:

hindu dan islam rukunBukti Toleransi umat Hindu dan Umat lain di Bali

  • Ciptakan kenyamanan
  • Kenailah intoleransi ketika anak terbuka terhadapnya
  • Menolak sikap intoleransi yang dilakukan anak
  • Dukung anak anda ketika mereka korban dari sikap intoleransi
  • Bantu perkembangan sebuah pengalaman yang sehat dan identitas kelompok
  • Tampilkan barang-barang pajangan yang mengandung unsure perbedaaan budaya di rumah anda
  • Beri kesempatan pada anak-anak untuk berinteraksi dengan orang-orang yang berbeda dengan mereka
  • Dorong anak-anak untuk mendatangi sumber-sumber yang ada di lingkungan sekitar
  • Jujurlah terhadap perbedaan-perbedaan
  • Berikan contoh pada orang lain

3. Toleransi antar umat beragama

perbedaan itu indahLihat Betapa Indahnya Perdamaian

Dalam masyarakat berdasarkan pancasila terutama sila pertama “Ketuhanan Yang Maha Esa“, bertaqwa kepada tuhan menurut agama dan kepercayaan masing-masing adalah mutlak. Semua agama menghargai manusia maka dari itu semua umat beragama juga wajib saling menghargai. Dengan demikian antar umat beragama yang berlainan akan terbina kerukunan hidup.

Toleransi beragama dapat diwujudkan dalam segala hal :
1. Rasa saling menghormati dan menghargai antar sesama umat manusia.
2. Sikap saling tolong menolong antar sesama umat , dan tidak mengenal agama , suku , ras ataupun budaya.
3. Memahami setiap perbedaan.

2. Contoh pelaksanaan toleransi antara umat beragama
• Kerja bakti membangun jembatan
• Memperbaiki tempat-tempat umum
• Membantu orang yang terkena musibah bencana alam
• Membantu korban kecelakaan lalu-lintas.
Jadi, bentuk kerjasama ini harus kita wujudkan dalam kegiatan yang bersifat sosial kemasyarakatan dan tidak menyinggung keyakinan agama masing-masing. Kita sebagai umat beragama berkewajiban menahan diri untuk tidak menyinggung perasaan umat beragama yang lain. melalui toleransi ini diharapkan terwujud ketenangan, ketertiban, serta keaktifan menjalankan ibadah menurut agama dan keyakinan masing-masing. Dengan sikap saling menghargai dan saling menghormati itu, akan terbina peri kehidupan yang rukun, tertib, dan damai.

4. Bukti Toleransi umat Hindu di Bali

toleransi umat beragama di baliAman dengan hidup bertoleransi

Lihat gambar diatas ? nah itu salah satu bukti bahwa di Bali masih bisa menghargai umat lain selain Hindu, banyak yng telah terpengaruh karena korbn media pemberitaan yang bilang bahwa di bali tidak menerima perbedaan. Nah liha sekarang buktinya

Lihat dn tonton ya, Kita Hindu di Bali cinta Damai.

Bukti lain berupa Artikel yang ditulis oleh umat lain tentang toleransi umat di bali begitu besar kunjungi halaman web ini http://sosbud.kompasiana.com/2014/08/28/situasi-umat-islam-di-bali-gawat-dan-sangat-tertekan-683684.html  dan http://www.kaskus.co.id/thread/528c3f5318cb17482f000010/demokrasi-dan-toleransi-dari-pura-negara-gambur-anglayang/ atau artikel ini http://oase.kompas.com/read/2010/08/16/1822474/5.Tempat.Ibadah.Berdampingan.di.Bali 

 5. Isu Mengenai Pakaian di Bali

the hindu center of indonesia, ,menduniaDr.Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III ( President The Hindu Center Of Indonesia )

Beberapa isu yang terjadi bulan ini, mengenai aturan berpakaian yang dibuat oleh BUMN sempat menjadi protes, karena dalam aturan trsebut “Semua pekerja yang perempuan harus memakai Jilbab”  Tetapi aturan tersebut Kurang Bijaksana mengingat bahwa di Denpasar bukan hanya satu agama, melainkan masih ada agama yang lain selain agama tersebut. Jadi jika buat aturan ya yang tidak mengganggu keamaan dah hak seseorang menjalankan Agama. Kita di Bali menghormati, tetapi Hormati juga Tradisi yang ada di Bali. Mari perjuangkan Hindu. , Dr.Shri I Gusti Ngurah Arya Wedakarna MWS III ( President The Hindu Center Of Indonesia ) Salah satu orang yang mrmperjuangkan Umat hindu agar tetap Ajeg. Salut Untuk Bapak…. yang jadi inspirasi dai artikel saya ini. Suksma.

Perlu Dicatat dan Dibaca : yang terjadi kesalah pahaman oleh orang muslim tentang Bali, Bahwa Di bali melarang pemakaian Jilbab, ITU SALAH, tetapi kebenarannya maksudnya “Jangan Mengatur Semua orang yang Non Muslim (Hindu, Budha, Protestan, Khatolik) agar memakai Jilbab, Jika Muslim silahkan pakai, kami tidak akan melarang dan mengatur Itu maksud yang sebenarnya, jika anda yang salah paham mengartikannya, ya kaji dulu dengan cermat.

,,, Om SantihSantih Santih Om.

5 Tanggapan to “Bukti Toleransi Umat Hindu di Bali Dengan Umat Lainnya/ Lain Agama”

  1. afta Says:

    hmmmmmmmm

    • Ketut Supeksa Says:

      knapa hmhm aja ?

    • Ketut Supeksa Says:

      knapa hmhm ja ?

  2. Liv Says:

    Pangen banget nyari kerjaan di bali. Tapi katanya bakalan sulit ya kalo menggunakan jilbab?

    • Ketut Supeksa Says:

      Asalkan tidaK Mengajak orang Bali / Hindu pakai jilbab ya di Bali biasa2 aja,,,,, disini toleransi tinggi…. yang memang harus memakai boleh pakai tetapi yang tidak memakai biarkan,,, gitu aja


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: